Arti Nama Allah dan Al Ilah – Ustadz Johan Saputra Halim, M.H.I. – Fiqih al-Asma’ al-Husna

Allah subhanahu wata’alaa memiliki nama-nama yang mulia dan sempurna. Di antara nama-nama Allah yaitu Allah (lafdzul jalalah). Apa arti dari lafdzul jalalah Allah?

Mayoritas ulama berpendapat bahwa nama-nama Allah yang mulia tidak terbatas pada jumlah 99, berdasarkan riwayat Ahmad, no. 3704, dari Abdullah bin Masud, dia berkata, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Seorang yang sedang ditimpa gundah dan sedih, lalu ia membaca,

اللَّهُمَّ إِنِّي عَبْدُكَ ، وَابْنُ عَبْدِكَ ، وَابْنُ أَمَتِكَ ، نَاصِيَتِي بِيَدِكَ ، مَاضٍ فِيَّ حُكْمُكَ ، عَدْلٌ فِيَّ قَضَاؤُكَ ، أَسْأَلُكَ بِكُلِّ اسْمٍ هُوَ لَكَ سَمَّيْتَ بِهِ نَفْسَكَ ، أَوْ عَلَّمْتَهُ أَحَدًا مِنْ خَلْقِكَ ، أَوْ أَنْزَلْتَهُ فِي كِتَابِكَ ، أَوْ اسْتَأْثَرْتَ بِهِ فِي عِلْمِ الْغَيْبِ عِنْدَكَ ، أَنْ تَجْعَلَ الْقُرْآنَ رَبِيعَ قَلْبِي ، وَنُورَ صَدْرِي ، وَجِلَاءَ حُزْنِي ، وَذَهَابَ هَمِّي

“Ya Allah, sesungguhnya aku adalah hamba-Mu, anak dari hamba-Mu, anak dari hamba perempuan-Mu, ubun-ubunku ada di tangan-Mu, keputusan-Mu kepada telah berlaku, ketetapan-Mu terhadapku adalah adil. Aku mohon kepada-Mu dengan seluruh nama yang Engkau sendiri tetapkan nama bagi-Mu, atau yang Engkau ajarkan kepada salah seorang makhluk-Mu, atau yang Engkau turunkan dalam kitab-Mu, atau yang Engkau simpan dalam ilmu gaib yang ada pada-Mu. Mohon Engkau jadikan Al-Quran bersemi di hatiku, bercahaya di dadaku dan pengusir kesedihan serta gundahku.”

Niscaya (bagi yang membacanya) akan Allah hilangkan gundah dan dukanya serta Allah berikan jalan keluar baginya. Lalu ada orang yang bertanya, “Ya Rasulullah, apakah kita mempelajarinya?” Beliau berkata, “Ya, selayaknya, bagi yang mendengarnya untuk mempelajarinya.” (Dishahihkan oleh Al-Albany dalam As-Sisilah Al-Ahadits Ash-Shahihah (199).”

Dalam ucapan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam,

أَوْ اسْتَأْثَرْتَ بِهِ فِي عِلْمِ الْغَيْبِ عِنْدَكَ

“Atau (nama) yang Engkau simpan dalam ilmu gaib-Mu.”

Menjadi dalil bahwa nama-nama Allah Ta’ala adalah apa dia simpan dalam ilmu gaib di sisi-Nya yang tidak diketahui oleh seorang pun dari makhluknya. Maka ini menunjukkan bahwa nama-nama Allah lebih dari 99 nama.

Syaikhul Islam dalam Majmu Al-Fatawa, 6/374, berkata tentang hadits ini, “Ini menunjukkan bahwa Allah memiliki nama-nama lebih dari 99.”

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_c…
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv

AUDIO KAJIAN
Website: https://kajian.net
Soundcloud: https://soundcloud.com/kajiannet

*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BANK SYARIAH INDONESIA
7086882242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Kode BSI: 451

Paypal: [email protected]

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se