Berapa Jumlah Malaikat Pencabut Nyawa (Malaikat Maut)? – Poster Dakwah Yufid TV

Malaikat adalah salah satu jenis makhluk yang Allah subhanahu wata’alaa ciptakan. Malaikat merupakan makhluk yang sangat taat kepada Allah subhanahu wata’alaa. Mereka menjalankan tugas-tugas yang Allah perintahkan. Salah satu tugas malaikat yaitu mencabut nyawa. Malaikat pencabut nyawa dikenal dengan sebutan malakul maut.

Iman kepada malaikat termasuk rukun iman yang ke dua. Di antara para malaikat ada malaikat yang mencabut nyawa. Siapa nama malaikat pencabut nyawa? Malaikat yang bertugas mencabut nyawa adalah malaikat maut atau malakul maut. Hal yang cukup sering ditanyakan adalah berapa jumlah malaikat maut? Sebab ada beberapa ayat tentang malaikat maut dengan penyebutan tunggal maupun jamak.

Disebutkan dengan kata tunggal:

Allah subhanahu wata’alaa berfirman:

قُلْ يَتَوَفَّىٰكُم مَّلَكُ ٱلْمَوْتِ ٱلَّذِى وُكِّلَ بِكُمْ ثُمَّ إِلَىٰ رَبِّكُمْ تُرْجَعُونَ

Katakanlah: “Malaikat maut yang diserahi untuk (mencabut nyawa)mu akan mematikanmu, kemudian hanya kepada Tuhanmulah kamu akan dikembalikan” (Q.S Surah As Sajdah ayat 11)

Disebutkan dengan kata jamak:
Allah subhanahu wata’alaa berfirman:

وَهُوَ ٱلْقَاهِرُ فَوْقَ عِبَادِهِۦ ۖ وَيُرْسِلُ عَلَيْكُمْ حَفَظَةً حَتَّىٰٓ إِذَا جَآءَ أَحَدَكُمُ ٱلْمَوْتُ تَوَفَّتْهُ رُسُلُنَا وَهُمْ لَا يُفَرِّطُونَ

Dan Dialah yang mempunyai kekuasaan tertinggi di atas semua hamba-Nya, dan diutus-Nya kepadamu malaikat-malaikat penjaga, sehingga apabila datang kematian kepada salah seorang di antara kamu, ia diwafatkan oleh malaikat-malaikat Kami, dan malaikat-malaikat Kami itu tidak melalaikan kewajibannya. (Q.S surah Al An’am ayat 61)

Dua keterangan tentang jumlah malaikat maut (pencabut nyawa) pada ayat-ayat di atas, alhamdulillah tidaklah bertentangan. Karena Malaikat maut memang jumlahnya satu, namun ia memiliki banyak pasukan yang membantu tugasnya. Sebagaimana dijelaskan dalam hadis tentang kisah malaikat pencabut nyawa dan perjalanan ruh setelah kematian orang yang beriman. Hadis tersebut juga menjadi nasehat kematian bagi kita yang masih diberikan kesempatan umur untuk beribadah kepada Allah subhanahu wata’alaa.

wallahu a’lam.

Simak juga video- video kajian yufid tv dan ceramah singkat yufid tv bermanfaat lainnya dari chanel yufid tv youtube dan jangan lupa SUBSCRIBE agar memperoleh update video yufid tv terbaru. SHARE kepada keluarga, kerabat, saudara, dan kawan Anda agar makin banyak yang tahu tentang Islam. Jazaakumullahu khairan

#malaikatmaut #kisahmalaikat #YufidTV

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_c…
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv

AUDIO KAJIAN
Website: https://kajian.net
Soundcloud: https://soundcloud.com/kajiannet

*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BANK SYARIAH INDONESIA
7086882242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Kode BSI: 451

Paypal: [email protected]

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se