Hukum Jual Beli Barang Ribawi: Hukum Jual Beli Beras Tidak Tunai – Poster Dakwah Yufid TV

Jual beli merupakan aktivitas yang sering dilakukan oleh manusia. Sebab dengan jual beli, manusia dapat memperoleh sesuatu yang ia butuhkan. Islam memberikan panduan yang lengkap berkaitan dengan tata cara jual beli sehingga kita dapat terhindar dari praktek-praktek riba.

Di dalam Islam, kita mengenal 6 benda ribawi. Barang ribawi apa saja? 6 barang ribawi adalah emas, perak, gandum halus, gandum kasar, kurma, dan garam. Dan tentu maksud barang ribawi bukanlah barang hasil riba. Akan tetapi barang ribawi maksudnya yaitu dijelaskan dalam hadits barang ribawi dalam Islam berikut ini.

Nabi shallallahualaihiwasallam bersabda,

الذهب بالذهب والفضة بالفضة والبر بالبر والشعير بالشعير والتمر بالتمر والملح بالملح مثلاً بمثل سواء بسواء يدا بيد، فإذا اختلفت هذه الأصناف فبيعوا كيف شئتم إذا كان يداً بيد.

Jika emas dibarter dengan emas, perak dibarter dengan perak, gandum bur (halus) dibarter dengan gandum bur, gandum sya’ir (kasar) dibarter dengan gandum sya’ir, kurma dibarter dengan kurma, garam dibarter dengan garam, maka takarannya harus sama dan harus tunai. Jika benda yang dibarterkan berbeda, maka takarannya boleh sesuka hati kalian, asalkan tunai/kontan.” (HR. Muslim)

Setelah mengetahui jenis-jenis barang ribawi, beras barang ribawi, emas barang ribawi, dan sebagainya tentu kita jadi lebih waspada agar tidak terjatuh ke dalam transaksi riba. Terlebih lagi beras merupakan kebutuhan pokok kaum muslimin di tanah air. Mungkin juga banyak di antara kita yang usaha jual beli beras dan pastinya ingin agar bisnis jual beli berasnya halal. Video kali ini insyaAllah akan membahas tentang hukum hutang beras atau hukum kredit beras.

wallahu a’lam.

Simak juga video- video kajian yufid tv dan ceramah singkat yufid tv bermanfaat lainnya dari chanel yufid tv youtube dan jangan lupa SUBSCRIBE agar memperoleh update video yufid tv terbaru. SHARE kepada keluarga, kerabat, saudara, dan kawan Anda agar makin banyak yang tahu tentang Islam. Jazaakumullahu khairan

#barangribawi #transaksiriba #YufidTV

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_c…
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv

AUDIO KAJIAN
Website: https://kajian.net
Soundcloud: https://soundcloud.com/kajiannet

*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BANK SYARIAH INDONESIA
7086882242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Kode BSI: 451

Paypal: [email protected]

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se