Hukum Bekerja sebagai Tukang Bersih Taman di Bank Konvensional – Poster Dakwah

Seorang muslim itu pantang menganggur. Sebab selain untuk memenuhi kebutuhan diri sendiri, ia berkewajiban memberi nafkah orang-orang yang menjadi tanggung jawabnya. Sehingga tidak ada alasan untuk bermalas-malasan. Asalkan halal, pekerjaan tersebut dapat ditekuni.

Dalam Islam keutamaan mencari nafkah yang halal dan keutamaan bekerja bagi seorang muslim untuk memenuhi kebutuhan diri sendiri dan keluarga sangatlah besar. Berdasarkan hadits tentang keutamaan bekerja dan hadits keutamaan bekerja keras yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam memuji umatnya yang bekerja untuk memenuhi kebutuhannya. Oleh karena keutamaan bekerja menurut Islam dan keutamaan bekerja dengan tangan sendiri sangatlah besar maka seorang muslim yang baik hendaknya berusaha bekerja dan memenuhi nafkah dengan yang halal. Sehingga keutamaan bekerja keras dalam Islam diantaranya adalah mendapatkan kemuliaan yang besar.

Dalam pembahasan tentang bekerja di bank konvensional menurut Islam dan kerja di bank riba menurut Islam merupakan perkara terlarang, sehingga hukum bekerja di bank riba menurut Islam hendaknya dijauhi oleh seorang muslim. Hukum bekerja di bank konvensional menurut Islam tidak hanya berlaku bagi pegawai yang terkait langsung dengan riba namun larangan bekerja di bank dalam Islam yang ribawi juga berlaku bagi pegawai yang tidak langsung berkaitan dengan transaksi ribanya. Sehingga larangan bekerja di bank riba juga berlaku bagi penjaga keamanannya, larangan bekerja di bank ribawi juga berlaku bagi sopir bank tersebut dan bahkan bekerja di bank haram bagi pembersih taman di bank ribawi tersebut.Sehingga apa hukum bekerja di bank ribawi, maka jawabannya adalah oleh karena bekerja di bank menurut slam merupakan perkara terlarang jika sistemnya adalah riba maka hukum bekerja di bank konvensional juga terlarang bagi pekerjaan yang terkait dengan bank tersebut. Semoga Allah Ta’ala menjauhkan diri kita dari pekerjaan yang haram dan memudahkan perkara yang kita hadapi.

#BekerjaDiBankRiba #KeutamaanBekerja #BankKonvensional

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_c…
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv

AUDIO KAJIAN
Website: https://kajian.net
Soundcloud: https://soundcloud.com/kajiannet

*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BANK SYARIAH INDONESIA
7086882242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Kode BSI: 451

Paypal: [email protected]

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se