Salah satu perbuatan yang harus ditinggalkan yaitu kemungkaran. Akan tetapi terkadang seseorang melakukan hal-hal yang dilarang agama karena keadaan lupa, tidak sengaja, atau dipaksa. Apakah perbuatan dosa yang dilakukan karena hal-hal tersebut dimaafkan?

Kitab syarah hadis arbain nawawi adalah kitab legendaris yang disusun oleh Imam An-Nawawi rahimahullah yang berjudul Arba’in An-Nawawi, yang mana kali ini dijelaskan oleh beberapa masyaikh ternama di zamannya. Ada tiga ulama besar yakni Imam Taqiyuddin Abul Fath Muhammad bin Ali Al-Qusyairi yang dikenal dengan Ibnu Daqiqil Id. Yang kedua adalah Syaikh Allamah Abu Abdillah Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di. Dan yang ketiga adalah Faqihul ‘Ashr Fadhilatus Syaikh Abu Abdillah Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin At-Tamimi. Tentunya, nama mereka tidak asing di telinga Anda.

MENGAPA EMPAT PULUH HADITS?
Awalnya Imam Nawawi tergerak hatinya setelah membaca hadits yang berbunyi,

مَنْ حَفِظَ عَلَى أُمَّتِيْ أَرْبَعِيْنَ حَدِيْثًا مِنْ أَمْرِ دِيْنِهَا بَعَثَهُ اللهُ تَعَالَى يَوْمَ اْلقِيَامَةِ فِيْ زُمْرَةِ اْلفُقَهَاءِ وَاْلعُلَمَاءِ

“Barangsiapa yang hafal untuk umatku 40 hadits tentang urusan agamanya, maka Allah akan membangkitkannya pada hari Kiamat dalam rombongan para fuqaha dan ulama.”
Meski dhaif jalur periwayatannya, akan tetapi banyak ulama yang mengamalkannya dengan argumen bolehnya mengamalkan hadits dhaif dalam fadha’il a’mal. Namun, ada hadits shahih yang memperkuatnya,

نَضَّرَ اللَّهُ امْرَأً سَمِعَ مَقَالَتِي فَوَعَاهَا فَأَدَّاهَا كَمَا سَمِعَهَا

“Semoga Allah membaguskan seseorang yang mendengar ucapanku dan memahaminya, lantas menyampaikannya sebagaimana ia mendengar darinya.”

Penyusun menjelaskan tentang sebab penyusunan kitab (buku) Al-Arba’in yang penuh berkah, bahwa dia menghimpun hadits-hadits ini karena mengikuti para imam terkemuka dan huffazhul Islam (yaitu para penghafal hadits) sebelumnya, yang berbeda-beda tujuan mereka dalam menyusun, menghimpun, dan mengurutkannya. Di antara mereka ada yang sengaja menyebutkan hadits-hadits tauhid, ada yang sengaja menyebutkan hadits-hadits hukum, ada yang membatasi pada apa yang bertalian dengan peribadatan, ada yang memilih hadits tentang nasihat, ada yang sengaja menerbitkan hadits-hadits yang shahih sanadnya dan tujuan-tujuan lainnya. Masing-masing dari mereka menyebut kitabnya dengan nama Al-Arba’in; Kitab Al-Arba’in karya Abu Bakr Al-Ajurri, Kitab Al-Arba’in karya Abu Utsman Ash-Shabuni, Kitab Al-Arba’in karya Ibnu Al-Jazari, dan selainnya.

#arbainnawawi #hadisarbainnawawi #yufidtv

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_c…
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv

AUDIO KAJIAN
Website: https://kajian.net
Soundcloud: https://soundcloud.com/kajiannet

*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BANK SYARIAH INDONESIA
7086882242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Kode BSI: 451

Paypal: [email protected]

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se