Para sahabat Nabi dan ulama terdahulu dikenal memiliki kecerdasan yang tinggi. Untuk mendukung kecerdasan anak, diperlukan asupan yang bergizi. Dan makanan bergizi tidak sama dengan makanan mewah. Bahkan banyak makanan yang tergolong mahal justru mengandung bahan-bahan berbahaya bagi tubuh.

  1. Mencukupi kebutuhan gizi anak

Asupan gizi akan membantu anak untuk bisa fokus dan mendongkrak kemampuan untuk menghafal al quran dan mengulang hafalan yang sudah dimiliki.

Yang ditekankan adalah keutuhan gizi, bukan kemewahan dalam makanan.

Jika kita memperhatikan makan-makanan para ulama mereka tidak mewah dalam makanan. Namun makanan mereka sehat / alami / organik.

Cara Membiasakan anak dengan makanan sehat:
Anak dilibatkan dalam proses penanaman bahan makanan seperti sayur dll.
Dilibatkan dalam proses pemetikan
LIbatkan dalam proses pengolahan

Berikan penjelasan pada anak bahwa tipe makanan seperti itulah yang sehat dan enak. Membangung sugesti kepada anak tentang makanan yang sehat.

  1. Menciptakan lingkungan yang tenang dan kondusif

Menciptakan suasana yang akan membantu anak untuk merasakan keamanan dan ketenangan yang akan membabtu mereka untuk cinta dan menghafal al-quran.

إِنَّ نَاشِئَةَ ٱلَّيْلِ هِىَ أَشَدُّ وَطْـًٔا وَأَقْوَمُ قِيلًا

Sesungguhnya bangun di waktu malam adalah lebih tepat (untuk khusyu’) dan bacaan di waktu itu lebih berkesan. [Al- Muzammil ayat 6]

Tempat dan orang dalam suatu lingkungan berpengaruh dalam suasana.

Orang = orang tua dan juga guru sangat berpengaruh untuk menciptakan lingkugan yang ideal.

Diantaranya dengan keramahan. Guru menyambut santri ketika datang ke sekolah dengan keramahan. Demikian juga dengan orang tua di rumah. Biasakan menyambut kedatangan anak kedalam rumah dengan sambutan yang hangat dan ramah.

Tempat, sangat bepengaruh untuk menciptakan suasana yang ideal untuk belajar.
Tidak harus dengan tempat yang mahal untuk mencipatakan kenyamanan. Tapi bisa dengan menjaga kebersihan. Menjaga sirkulasi udara.
Anak juga bisa sesekali diajak keluar ruangan untuk belajar.