Saudara sepersusuan menimbulkan hubungan mahram. Hal tersebut menjadikan terlarangnya ikatan pernikahan di antara sesama saudara sepersusuan. Lantas bagaimana jika awalnya mereka tidak mengetahui kalau ternyata yang dinikahi adalah mahram sepersusuan? Padahal dari pernikahan tersebut telah lahir satu atau beberapa anak?

Video kali ini akan membahas seputar hukum saudara sepersusuan menikah dengan kita. Mungkin pernah terlintas di dalam benak kita apakah boleh menikah dengan saudara sepersusuan? Pertama, perlu kita ingat bahwa menikahi mahram hukumnya terlarang di dalam Islam. Dalil larangan menikahi mahramnya disebutkan di dalam hadits nomor 341 kitab Umdatul Ahkam.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

عَنْ عُقْبَةَ بْنِ الْحَارِثِ – رضي الله عنه – ((أَنَّهُ تَزَوَّجَ أُمَّ يَحْيَى بِنْتَ أَبِي إهَابٍ , فَجَاءَتْ أَمَةٌ سَوْدَاءُ , فَقَالَتْ: قَدْ أَرْضَعْتُكُمَا , فَذَكَرْتُ ذَلِكَ لِلنَّبِيِّ – صلى الله عليه وسلم – قَالَ: فَأَعْرَضَ عَنِّي. قَالَ: فَتَنَحَّيْت , فَذَكَرْت ذَلِكَ لَهُ. قَالَ: كَيْفَ؟ وَقَدْ زَعَمَتْ أَنْ قَدْ أَرْضَعَتْكُمَا)) .

Artinya: “Dari Uqbah bin Harits radhiyallahu anhu, bahwa ia menikah dengan Ummu Yahya binti Abi Ihab, lalu ada seorang budak wanita berkulit hitam berkata, “Aku telah menyusui kalian berdua.” Lalu aku sampaikan hal itu kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka Beliau berpaling, “maku aku berpindah tempat dan menyampaikan hal itu lagi, namun Beliau bersabda, “Mau bagaimana lagi (bagaimana engkau akan bertahan dengan Ummu Yahya), padahal wanita itu telah menyatakan bahwa dirinya telah menyusukan kamu berdua.”

Saudara sepersusuan termasuk mahram sehingga hukum menikah dengan saudara sepersusuan adalah terlarang. Dan hukum mempertahankan pernikahan sesama mahram juga tidak diperbolehkan. Karena pernikahan dengan saudara susuan merupakan salah satu contoh pernikahan yang dilarang dalam Islam.

Wallahu a’lam.

Simak juga video-video bermanfaat lainnya dari channel yufid TV dan jangan lupa SUBSCRIBE agar memperoleh update video kajian kitab Umdatul Ahkam. SHARE kepada keluarga, kerabat, saudara, dan kawan Anda agar makin banyak yang tahu tentang Islam. Jazaakumullahu khairan

#menikahisaudarasepersusuan #UmdatulAhkam #UstadzArisMunandar

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_c…
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv

AUDIO KAJIAN
Website: https://kajian.net
Soundcloud: https://soundcloud.com/kajiannet

*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BANK SYARIAH INDONESIA
7086882242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Kode BSI: 451

Paypal: [email protected]

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se