Bersabar dan berpegang teguh kepada kebenaran merupakan keharusan bagi seorang yang beriman. Sesungguhnya orang-orang beriman di masa silam telah mendapatkan ujian yang sangat berat. Dan di antara mereka ada yang dibakar hidup-hidup di dalam parit namun tetap teguh memegang erat keimanan. Salah satu kisah menarik tentang keimanan yaitu kisah ashabul ukhdud.

Kitab Riyadhus Shalihin adalah salah satu karya besar yang diwariskan kaum muslimin dari generasi ke generasi. Sejak disusun oleh penulisnya Imam Nawawi hingga kini, Riyadhus Shalihin terus menyebar dan diterjemahkan dalam berbagai bahasa. Yang menjadikan kitab Riyadhus Sholihin sebagai amal jariyah yang tidak pernah putus dari Imam an Nawawi rahimahullahu ta’ala.

Kita akan melanjutkan pembahasan hadits Riyadhus Shalihin. Pada video Yufid TV kali ini telah sampai kepada kita Riyadhus Shalihin bab 3. Bab yang bertema sabar. Sabar adalah menahan diri dalam tiga perkara : ketaatan kepada Allah, hal-hal yang diharamkan dan sabar menghadapi ujian Allah. Inilah tiga bentuk sabar yang biasa yang dipaparkan oleh para ulama.

Dalam bab sabar Riyadhus Shalihin hadits ke 30 bagian 4 ini, penulis melanjutkan pemaparan sebuah hadits panjang yang membahas tentang kisah pemuda sabar yang memiliki semangat menuntut ilmu, setelah video sebelumnya membahas tentang ujian kesabaran seorang pemuda serta kisah pendeta dan penyihir. Pada video kali ini akan membahas tentang pemuda beriman yang memiliki keteguhan hati menghadapi ujian demi menegakkan tauhid. Dia rela mengorbankan nyawanya agar para pengikut raja dapat beriman dan mentauhidkan Allah. Hingga akhirnya perjuangannya berbuah manis.

Kita akan menemukan banyak faedah dalam hadits tersebut salah satunya tentang keutamaan tauhid, yang membuatnya mendapat karomah wali Allah, hingga akhirnya keteguhan hati seorang pemuda tersebut diuji. Faedah yang lain dari kisah pemuda sholeh tersebut yaitu bersabarlah dalam menghadapi segala macam ujian di dunia.

Simak faidah lengkap hadits Riyadush Shalihin tersebut pada rangkaian video selanjutnya dan temukan cara belajar hadits untuk pemula lainnya di channel ini.

#riyadhusshalihin #kitabriyadhusshalihin #sabar

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_c…
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv

AUDIO KAJIAN
Website: https://kajian.net
Soundcloud: https://soundcloud.com/kajiannet

*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BANK SYARIAH INDONESIA
7086882242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Kode BSI: 451

Paypal: [email protected]

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se