Adab Berdoa : Apa Hukum Mengusap Wajah Setelah Berdoa & Maksud Memperbanyak Doa Dalam Sujud?

Penting untuk mengetahui adab berdoa kepada Allah dan adab berdoa sesuai sunnah untuk menghindari sebab sebab doa tidak dikabulkan. Dalam video Adab dalam Berdoa Yufid TV di https://youtu.be/VgY1r23Fr0s ada beberapa pertanyaan dalam kolom komentar yang InsyaAllah akan dijawab oleh Ustadz Resa Gunarsa dalam video ini. Diantara pertanyaannya adalah terkait hukum mengusap wajah setelah berdoa, bolehkah berdoa dengan bahasa Indonesia, maksud memperbanyak doa ketika sujud, dan doa yang memaksa.

Apa itu doa yang memaksa? Apakah doa minta jodoh dengan kriteria yang spesifik termasuk doa yang memaksa?
Jawab : Mungkin yang dimaksud adalah berlebihan dalam berdoa.
Diantara contoh berlebihan dalam berdoa adalah berdoa meminta sesuatu yang diharamkan, sesuatu yang mengandung unsur kezhaliman atau maksiat, dan termasuk juga doa minta jodoh dengan kriteria yang spesifik.

Bolehkah berdoa dengan bahasa Indonesia atau bahasa lain selain bahasa Arab?
Jawab : Yang lebih utama adalah berdoa menggunakan bahasa Arab dan mengambil lafadz doa sesuai yang dicontohkan oleh Nabi ﷺ.
Adapun berdoa selain dengan bahasa Arab maka dirinci. Apabila dia tidak bisa berbahasa Arab maka diperbolehkan doa pakai bahasa Indonesia sekalipun dalam sholat. Namun jika mampu berbahasa Arab, maka tidak boleh berdoa dengan selain bahasa Arab.

Pertanyaan terkait memperbanyak berdoa ketika sujud atau doa saat sujud serta hukum mengusap wajah setelah berdoa bisa Anda simak selengkapnya dalam video Tanya Jawab di atas. Demikian, wallahu ‘alam.