Dropship Itu Apa? – Ustadz Ammi Nur Baits –Konsultasi Syariah 

Hukum dropship telah dikenal oleh kaum muslimin di era digital ini. Atau masih ada yang bertanya-tanya, “Dropship itu Apa?” Jika demikian halnya, maka alangkah baiknya kita mengenal step demi step tentang hukum dropship dalam Islam. Atau ini masih ada kaitannya dengan jual beli salam? Mari kita mulai … dropship adalah sebuah teknik pemasaran di mana penjual tidak menyimpan stok barang, dan jika penjual mendapatkan order, penjual tersebut langsung meneruskan order dan detail pengiriman barangnya ke produsen. Nah, hukum jual beli dalam Islam sendiri teramat luas untuk dijabarkan dalam video yang singkat ini.

Bahasan yang tepat dalam hal ini mengacu kepada hukum jual beli salam, khususnya salam hal. Lantas, bagaimanakah cara yang tepat untuk mendapatkan keuntungan (atau yang dikenal dengan cara mengambil keuntungan dari penjualan)? Jauh sebelum hal tersebut dibahas, mari kita mengulang-ulang bahasan seputar keutamaan berdagang dalam Islam. Di mana kaum muslimin menjadi jaya tanpa meminta-minta. Mereka mlihat peluang yang berada di pasar. Ya, peluang usaha muslim. Inilah yang sempat terbetik di benak Abdurrahman bin Auf radhiyallahu ‘anhu (saat ia tidak punya apa-apa lagi pasca hijrah), ia berkata, “Tunjukkan padaku, di mana pasar berada?” Artinya beliau menginginkan perdagangan. Dan dewasa ini, banyak dijumpai semacam komunitas yang real bukan kaleng-kaleng, mereka adalah komunitas pengusaha tanpa riba, orang-orang yang mampu survive tanpa hutang dari bank. Wow, luar biasa, masya Allahu wahdah!

Menjadi pengusaha muslim dihadapkan kepada kendala yang gampang-gampang susah, sebab saat peluang itu datang, ia harus merujuk kepada syariat terkait halal atau tidaknya. Mereka mengingat jual beli pada masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang penuh berkah. Dan mereka paham bahwa bisnis berkah bermula dari harta yang halal. Demikian halnya dengan rizki yang berkah. Kaum muslimin rahimakumullah, jual beli dalam Islam sangat unik, mengapa? sebab semuanya membawa manfaat, berbeda dengan jual beli di luar Islam. Lihatlah cara berdagang menurut Islam, di mana dijaga hak penjual dan pembeli, larangan membuat bahaya dalam harga dan selainnya. Sekali lagi, jual beli adalah sesuatu yang mulia dan harus diupayakan bagi mereka yang menganggur dan ditingkatkan bagi mereka yang telah giat berusaha. Lalu untuk menambah semangat Anda dalam berniaga, maka alangkah baiknya Anda mempelajari kumpulan hadits tentang jual beli sebagai bekal yang Anda bawa saat menjadi agen suatu produk tertentu.