Dalil Allah Tidak Menzalimi HambaNya – Ustadz Badrusalam, Lc.- 5 Menit yang Menginspirasi

Kajian full:

Dzalim artinya meletakkan segala sesuatu bukan pada tempatnya. Adapun kalau ia letakkan sesuatu pada tempatnya disebut dengan adil. Kembalikan dzalim adalah adil. Allah Subhanahu wa Ta’ala telah mengharamkan atas dariNya kedzaliman. Artinya Allah tidak akan pernah meletakkan segala sesuatu bukan pada tempatnya. Allah meletakkan kefakiran, itu semua dengan keadilan. Allah meletakkan kekayaan, semua itu dengan ilmu dan karunia serta rahmatNya. Allah memberikan balasan kebaikan, semua itu dengan karunia dan rahmatNya. Dan Allah memberikan adzab yang pedih, semua itu dengan keadilan.

Tidak mungkin Allah mendzalimi hambaNya sedikitpun juga. Makanya Allah berfirman:

وَلَا يَظْلِمُ رَبُّكَ أَحَدًا

“Dan Rabbmu tidak akan pernah menzalimi siapapun juga.” (QS. Al-Kahfi[18]: 49)

Ketika kita tidak diberi oleh Allah harta dunia, bukan berarti Allah dzalim dan bakhil. Akan tetapi itu adalah merupakan konsekuensi dari keadilan dan hikmah setelah rahmat. Ada orang diberikan oleh Allah kekayaan, ada orang yang Allah berikan kepada mereka kemiskinan, bukan berarti Allah dzalim, bukan berarti Allah bakhil. Dan diberikan harta juga bukan menunjukkan seseorang itu dikasihsayangi oleh Allah. Kaya, miskin itu bukan tanda kasih sayang Allah kepada seorang hamba. Akan tetapi kasih sayang Allah hakikatnya adalah siapa yang diberikan hidayah keimanan, ketakwaan, ketaatan, maka itulah orang-orang yang diberikan oleh Allah rahmat dan kasih sayang.

5 Menit yang menginspirasi kali ini Ustadz Badrusalam hafizhahullah menjelaskan tentang dalil Allah tidak menzalimi hambaNya. Yuk langsung saja simak penjelasan selengkapnya dalam video berikut.