Tidak Boleh Berkurban di Tempat Kesyirikan – Ustadz Abdullah Zaen, Lc., MA

Pembahasan kitab penyejuk hati orang-orang bertauhid, Bab 10.
Bab tidak boleh menyembelih untuk Allah ditempat yang disitu orang biasa menyembelih untuk selain Allah.

Tidak boleh karena:
tasyabuh
dikuatirkan mendukung acara tersebut.
merupakan pintu yang bisa mengantarkan kita terjerumus kepada perbuatan mereka.

Dalil 1 surat At Taubah 108

لَا تَقُمۡ فِيهِ أَبَدٗاۚ لَّمَسۡجِدٌ أُسِّسَ عَلَى ٱلتَّقۡوَىٰ مِنۡ أَوَّلِ يَوۡمٍ أَحَقُّ أَن تَقُومَ فِيهِۚ فِيهِ رِجَالٞ يُحِبُّونَ أَن يَتَطَهَّرُواْۚ وَٱللَّهُ يُحِبُّ ٱلۡمُطَّهِّرِينَ

(Bahasa Indonesia)
Janganlah engkau melaksanakan shalat dalam masjid itu selama-lamanya. Sungguh, masjid yang didirikan atas dasar takwa, sejak hari pertama adalah lebih pantas engkau melaksanakan shalat di dalamnya. Di dalamnya ada orang-orang yang ingin membersihkan diri. Allah menyukai orang-orang yang bersih.

-Sura At-Tawbah, Ayah 108

Kesimpulan:
tidak boleh menjalankan ritual ibadah ditempat yang dikhususkan untuk maksiat. contoh berkurban dilokasi yang identik dengan kesyirikan.

Syarah:
Larangan dalam surat at Taubah 108 bersifat umum. tidak hanya untuk sholat di masjid dhiror.

Maksiat merubah suatu tempat menjadi kotor. Kotor kegiatannya.

Dalil 2: hal 249
Hadits riwayat tsabit, pada suatu hari ada seorang sahabat bernadzar ingin menyembelih di buwahah, sebuah tempat disekitaram mekkah. Dia konsultasi dulu dengan Rasulullah. Maka Rasulullah bertanya, apakah ditempat itu ada berhala yang biasa disembah orang-orang jahiliyah? tidak. maka. nabi bertanya lagi, apakaj ditempat itu orang-orang jahiliyah biasa melakukan perayaan ritual mereka? tidak. Kemudian Rasulullah bersabda, silahkan engkau tunaikan nadzarmu. dan nabi berpesan, sesungguhnya nadzar tidak boleh dilaksanakan jika mengandung maksiat kepada Allah. dan tidak boleh bernadzar memberikan sesuatu yang yang tidak kita miliki. HR abu dawud

# pelajaran, sebelum menjawab pertanyaan sebaiknya bertanya dulu utk. memdapatkan detail.#

Kesimpulan:
Menyembelih hewan dilokasi mesyirikan, walaupun niatnya untuk Allah tidak boleh. sebab, lama kelamaanbisa berubah niat untuk selain Allah.