Hubungan Akidah dan Akhlak – Ustadz Syadam Husein Al Katiri, M.A. – 5 Menit yang Menginspirasi

Seorang muslim harus memiliki akidah yang lurus. Dan akidah yang bagus yang dimiliki oleh seseorang mestinya dibarengi dengan akhlak yang mulia. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam adalah manusia yang paling bagus akidahnya, namun beliau juga manusia yang paling sempurna akhlaknya. Maka hendaknya setiap muslim menaruh perhatian yang besar terhadap dua hal tersebut.

Kajian full: https://youtu.be/DQUBkz-RG2c

Akidah dan akhlak adalah 2 hal yang berbeda namun memiliki hubungan yang erat. Sebelum mengetahui apa hubungan antara akidah dan akhlak mari kita ketahui dulu apa itu akidah dan akhlak. Kata akidah atau i’tiqod secara bahasa berasal dari kata al ‘aqdu yang artinya berputar sekitar makna kokoh, kuat, dan erat. Adapun secara istilah umum, kata akidah bermakna keyakinan yang kokoh akan sesuatu, tanpa ada keraguan. Jika keyakinan tersebut sesuai dengan realitas yang ada maka akidah tersebut benar, namun jika tidak sesuai maka akidah tersebut bathil. Sedangkan Akhlak adalah dalam bahasa Arab berasal dari kata khuluk yang berarti tingkah laku, perangai, atau tabiat. Secara terminologi, akhlak adalah tingkah laku seseorang yang didorong oleh sesuatu keinginan secara mendasar untuk melakukan suatu perbuatan. Dari pengertian ini kita mengetahui bahwasanya Akidah adalah hubungan seorang hamba dengan Allah sedangkan Akhlak hubungan antara manusia. Lantas apa hubungan antara Akidah dan akhlak?

Video 5 menit yang menginspirasi kali ini Ustadz Syadam Husein Al Katiri hafizhahullah menjelaskan tentang hubungan antara Aqidah dan Akhlak. Yuk langsung saja simak penjelasan selengkapnya dalam video berikut.

#akidah #akhlak #yufidtv

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_c…
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv
*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BNI SYARIAH
0381.346.658
a.n. YUFID NETWORK YAYASAN

BANK SYARIAH MANDIRI
7086.882.242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK

Paypal: [email protected]

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se