Persatuan Umat Islam – Ustadz Rizal Yuliar Putrananda, Lc

Persatuan umat Islam tidak akan terwujud manakala persatuan umat dibangun di atas hal yang semu belaka. Apabila kita cermati hadits tentang persatuan dan persaudaraan, maka padanya mengisyaratkan bahwa persatuan akan terjadi saat semuanya kembali kepada Al Quran dan As Sunnah di atas pemahaman sahabat Nabi.

Saat Anda menyadari bahwa perpecahan umat Islam akhir zaman makin menjadi-jadi, di sini perlu kita ingatkan … akan pentingnya persatuan Islam! Umat Islam bersatu tak bisa dikalahkan benar-benar akan terjadi dengan menempuh sebab yang disebutkan di muka. Sekali lagi, jika Anda bertanya; Kapan umat Islam bersatu ? Maka jawabannya adalah saat umat mau kembali kepada agamanya.

Mari kita lihat ayat Al Quran tentang persaudaraan yang mana menyebutkan tali yang kuat untuk menuju jalan menuju kebenaran. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, (artinya) “Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk.” (Surat Ali Imran: 103)

Dan Hanya satu jalan menuju Allah, Allah Ta’ala berfirman (artinya) “Dan bahwa (yang Kami perintahkan) ini adalah jalanKu yang lurus, maka ikutilah dia; dan janganlah kamu mengikuti jalan-jalan (yang lain), karena jalan-jalan itu mencerai-beraikan kamu dari jalanNya.” (Surat Al An’am:153)

Tali Allah adalah tali yang paling kuat, bagaimana tafsir hablullah? Maka Anda bisa mencocokkannya dengan hadits tentang ukhuwah. Dan pada alinea di atas telah disinggung ayat AlQuran tentang persaudaraan Islam. Lantas, intinya; Berpegang teguhlah pada tali Allah, niscaya bersatu itu dekat dengan kalian. Barakallahu fikum.