Dosa Syirik Itu Seperti Apa? – Ustadz Rizal Yuliar Putrananda, Lc

Dahulu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah menanyai para Sahabatnya, “Tahukah kalian tentang dosa besar yang paling besar?” Maka mereka menjawab, “Allah dan Rasul-Nya lebih tahu.” Lalu Rasulullah bersabda, “Engkau berbuat syirik, padahal Ia yang menciptakanmu!” Dosa syirik tidak sebagaimana dosa dosa lainnya, ia menempati rating tertinggi; dosa nomor wahid. Apalagi macam macam syirik itu ada banyak, dan pokoknya ada dua macam. Contoh dosa syirik yang paling kerap terjadi ialah perbuatan seseorang menjadikan penghuni kubur sebagai alat wasilah yang mengantarkannya kepada Allah.

Beralih kepada adakah tanda dosa diampuni Allah? Cara Allah mengampuni dosa hambaNya dengan melihat nash-nash yang menjelaskannya. Seperti shalat wajib seseorang maka akan menghilangkan dosa pada rentang waktu yang ada padanya. Misalkan: Ada seseorang berdosa di waktu setelah Dzuhur. Lalu tiba waktu Ashar, maka shalat yang ia lakukan, semoga menjadi penggugur dosa sebelumnya.

Back to syirik nich … Syirik adalah perbuatan menjadikan tandingan bagi Allah dalam hal hal yang khusus bagi-Nya. Itulah pengertian syirik secara umum. Beralih ke contoh syirik; contoh syirik besar adalah seseorang beribadah kepada selain Allah. Sedangkan contoh syirik kecil ialah bersumpah dengan nama selain Allah. Syirik dalam Islam merupakan dosa di atas dosa, sebab pelakunya tidak diampuni, jika ia tidak mau bertaubat.

Pemateri yakni Ustadz Yuliar Putrananda menjelaskan syirik akbar berikut contoh syirik akbar melalui ayat dan hadits tentang syirik. Dosa besar yang satu ini masuk ke dalam 7 dosa besar yang disebutkan dalam 7 yang membinasakan, “Ijtanibul Muubiqaat (Jauhilah oleh kalian 7 perkara yang membinasakan …) ila akhiril hadits. Dosa dosa besar awalnya bermula dari dosa dosa yang dianggap remeh oleh pelakunya dengan sebab ketidaktahuannya.

Syirik adalah dosa yang tidak diampuni Allah, ialah dosa yang paling besar. Dosa menurut Islam sebagaimana dijelaskan, bahwa ia adalah apa-apa yang meresahkan hatimu dan engkau takut jika diketahui manusia. Kini, Anda telah mengenal bahaya syirik dan pengaruh syirik dalam kehidupan. Mulai sekarang, jauhi syirik bila Anda ingin selamat dan agar berhasil menuju Surga sekeluarga. Aamiin.