Apa Itu Pakaian Syuhrah? – Ustadz Abu Qotadah – Konsultasi Syariah

Apa yang Anda tahu seputar pakaian syuhrah? Pakaian syuhrah itu apa ? Anda balik bertanya, sudah kami duga … hmm … Berikut ini kami hadirkan untuk Anda contoh pakaian syuhrah versi syariat dan mengangkat tema Apa Itu Pakaian Syuhrah? Apakah pakaian ini termasuk tasyabuh? Tasyabuh adalah perbuatan menyerupai orang-orang non muslim (kafir secara istilah syariat).

Pakaian sunnah pria sedikit berbeda dengan pakaian wanita. Tata cara berpakaian pun dijelaskan dalam syariat yang mulia ini. Salah satu di antaranya ialah menutup aurat. Apabila kita cermati hadits tentang wanita berpakaian ketat maka mengindikasikan hadits yang terkait dengannya; hadits menutup aurat beserta arabnya (teks lafadz Arab). Apa yang Anda ketahui dari hikmah menutup aurat? Menutup aurat termasuk fitrah manusia yang membedakannya dengan binatang yang notabene ghairu mu’aqil (tidak berakal). Maka tidak salah jika dikatakan bahwa wanita yang kurang dalam menutupi auratnya di depan publik hampir serupa dengan etika berhias para “ghairu mu’aqil” tadi.

Fungsi pakaian dalam Islam selain melindungi dari sengatan terik mentari, ia juga sebagai pelindung dari hawa dingin. Selebihnya sebagai perhiasan bagi manusia. Etika berpakaian dalam Islam mengalami kemajuan dari masa sebelumnya yakni era jahiliyah. Setelah Islam memeluk qalbu sebagian mereka, maka dengan taufiq dari Allah Ta’ala, masyarakat muslim saat itu mempraktekkan firman Allah dan sabda Rasul-Nya untuk berpenampilan sopan di depan umum.

Adab berhias tak luput dari perhatian Islam; bagaimana seorang istri berdandan di depan suaminya dan sebaliknya. Tujuan berpakaian menurut Islam bukan mengejar tren fashion belaka tapi lebih mulia dari itu semua. Kembali kepada hadits tentang perintah menutup aurat, di sana terdapat qarinah (tanda) yang menunjukkan bahwa Islam memerintahkannya, yang demikian termasuk tujuan menutup aurat bagi bani Adam secara umum.

Lain lagi, soal cerita … berupa azab tidak menutup aurat yang kadung menyebar di khalayak ramai. Tentunya, dikembalikan kepada dali-dalil yang menenggarainya. Menutup aurat dalam Islam bukanlah kekangan sebagaimana koar-koar para suporter dari gerilyawan Emansipator, menutup aurat termasuk kemuliaan bagi lelaki dan wanita. Last, simaklah untaian berharga seputar pakaian syuhrah yang kadang dipahami dengan tidak semestinya. Barakallahu fikum.