Polemik Tiga Pertanyaan di Alam Kubur – Ustadz Abu Qotadah – Konsultasi Syariah

Mari kita mulai pertanyaan di alam kubur bagi manusia yang baru saja wafat. Sebuah problem yang besar berupa polemik tiga pertanyaan di alam Kubur: Siapa Rabbmu, Siapa Nabimu, dan Apa agamamu? Apakah ini termasuk rangkaian 7 malam pertama di alam kubur? Suasana alam kubur, jelas berbeda dengan alam dunia. Alam ini disebut dengan alam Barzah dan mengimaninya termasuk pokok-pokok keyakinan Ahlussunnah wal Jamaah.

Ada yang tahu 5 pertanyaan di alam kubur? Alam kubur dengan suasananya mengabarkan kepada kita bahwa manusia ditemani oleh amalnya, jika amalnya baik, maka patutlah ia bersuka cita atasnya. Dan jika sebaliknya, jika amalnya buruk, maka ia selalu berseru di pagi dan sore hari, “Ya Allah, jangan tegakkan hari berbangkit!” Fenomena mengharukan tersebut, bisa Anda simak dalam kumpulan kehidupan di alam barzah (dapat Anda temukan dalam kitab Hadits, semisal Riyadhus Shalihin karya Imam An-Nawawi atau kitab hadits selainnya).

Man Rabbuk artinya siapa Rabbmu, wa ma Nabiyyuk artinya siapa Nabimu, dan seterusnya … itulah kutipan dari fitnah kubur dan pertanyaan Malaikat kepada seorang hamba baik ia mukmin atau kafir. Menelisik pengertian alam kubur, maka kita akan disuguhkan pada sebuah alam di luar dimensi manusia, sebab ia adalah hal yang ghaib. Dalam video ini diungkap terkait arwah orang yang baru saja meninggal, bagaimana kondisinya; apakah menerima fitnah kubur atau justru menjadi Pocong (sebagaimana hal ini termasuk keyakinan rusak yang menyebar di tengah-tengah masyarakat muslim).?!?

Alam akhirat salah satunya adalah alam kubur. Di alam kubur kita ngapain? Barangkali netizen ada yang bertanya demikian. Cerita alam kubur benar adanya, bukan fiktif atau rekaan laiknya Sinetron kolosal. Tentunya gambaran alam kubur yang sebenarnya tidak bisa divisualkan layaknya film-film yang telah beredar dan mencoba membedah hal ini (alam barzah). Dan yang paling populer ialah video siksa alam kubur yang diperankan oleh seorang anak bersama jasad ayahnya (eks penjahat) di dalam kubur bersama malaikat yang menyiksanya. Tentunya, video tersebut tidak mewakili sama sekali alam barzah yang dimaksud.

Apa yang Anda siapkan untuk menjumpai fitnah kubur tersebut? Sudahkah Anda mempersiapkan kisi-kisi 3 pertanyaan di alam kubur?