Adakah Adzan Ketika Memakamkan Jenazah? – Poster Dakwah Yufid TV

Adzan dikenal sebagai panggilan untuk menuju shalat. Namun sayagnya, ada sebagian pihak yang memaknainya dengan persepsi yang berbeda. Maka lahirlah adzan orang meninggal, maksudnya ialah bacaan adzan untuk orang meninggal sebelum ia dikuburkan dalam liang lahat. Persoalannya: Adakah adzan ketika memakamkan jenazah?

Mengurai kembali dalil tentang takziah, tidak ditemukan di sana terkait bab ini. Adapun adzan untuk bayi yang baru lahir disebutkan dalam kitab Ahkamul Mauluud (hukum kelahiran seorang bayi). Di dalamnya dikupas tentang hukum adzan bayi, adzan bayi, dan semisalnya. Lalu dengan dalil ini mereka mengqiyaskan kepada orang yang sudah meninggal?!?

Beralih kepada tema lain, hukum melayat orang meninggal adalah fardhu kifayah. Menyoal kembali talqin mayit dan terjemahnya (telah kami urai dalam video sebelumnya, bisa Anda unggah dalam Endscreen yang kami sediakan, guna menambah faidah). Dan begitu halnya dengan hukum ziarah kubur, hal tersebut disyariatkan, meski sebelumnya sempat dilarang oleh Rasulullah.

Berilah kami contoh ucapan takziah untuk orang meninggal? Disebutkan dalam satu riwayat, “Rahimakallah wa ajrak (Semoga Allah merahmatimu, dan memberimu pahala) -HR. Tirmidzi- atau doa melayat orang meninggal yang sudah dikenal. Sekarang pertanyaannya adalah adakah hal ini termasuk adzan dilarang agama? Adzan bermakna panggilan. Lantas bagaimana bisa ia menyeru kepada orang yang telah mati?

Terkadang ada yang terlalu memaksakan hingga membuat cara adzan jenazah, padahal tidak dikenal dalam pembahasan Fikih, sebagaimana dikenalnya bacaan sholat jenazah di kalangan umum. Apa yang Anda ketahui tentang qiyas? Qiyas artinya menyamakan suatu hukum kepada hukum yang serupa dengannya. Fungsi qiyas untuk mendekatkan pemahaman seseorang. Akan tetapi, dalam bab ini, qiyasnya terhitung fasid. Adzan untuk orang mati tidak dituntunkan oleh Rasulullah, bahkan para sahabat sekalipun.

Adzan dan iqomah mempunyai hukum tersendiri, sekali lagi .. azan itu untuk orang yang masih hidup bukan untuk orang yang sudah mati.