Kesalahan dalam Memahami Sebab – Ustadz Abu Izzi Masmu’in Zubaidi – 5 Menit yang Menginspirasi

Kajian full: https://youtu.be/iScLwSqOBhE

Video 5 menit yang menginspirasi kali ini Ustadz Abu Izzi Masmu’in Zubaidi Hafidzhahullah menjelaskan tentang kesalahan dalam memahami sebab. Yuk simak penjelasan selengkapnya dalam video berikut.

Kita sering mendengar saat sebagian orang kita tegur atau kita jelaskan kepada mereka tentang syiriknya perbuatan memakai jimat-jimat, manik-manik, kalung, gelang atau cincin yang diyakini memiliki pengaruh untuk melindungi diri mereka, mendatangkan keuntungan, melariskan dagangan, melangkal dan menyembuhkan penyakit, mereka berkata bahwa itu semua sekedar sebab atau “syare’at”, maka, kaidah dan penjelasan berikut mudah-mudahan dapat menyingkap kesalahan alasan mereka dalam masalah ini.

Dalam penetapan sebab, manusia terbagi menjadi tiga golongan:

Orang-orang yang mengingkari sebab. Mereka adalah para pengingkar hikmah Allah dikalangan jabariyyah dan asy’ariyyah.
Orang-orang yang berlebihan dalam menetapkan sebab, sehingga mereka menetapkan sebab yang tidak Allah tetapkan sebagai sebab. Mereka adalah para ahli khurafat dan tasawwuf.
Orang-orang yang menetapkan sebab dan pengaruhnya, akan tetapi mereka hanya menetapkan sebab yang Allah dan Rasul-Nya tetapkan, baik sebab syar’i atau kauni.