Motivasi Pemuda Islam – Ustadz dr. Raehanul Bahraen – 5 Menit yang Menginspirasi

Keutamaan menuntut ilmu melebihi segalanya, dengannya seseorang mampu terjaga dari syubhat. Syubhat adalah kerancuan berpikir dalam memahami sesuatu. Tak jarang penyimpangan pemuda berawal dari masalah ini; problem besar berupa syubhat dan syahwat. Inilah video terkait motivasi pemuda Islam yang patut Anda renungkan …

Kewajiban menuntut ilmu dan pengertian menuntut ilmu telah gamblang dijelaskan dalam buku semisal Tazkirah Sami’ wa al-Mutakallim fi Adab al-‘Alim wa al-Muta’allim yang merupakan karya imam besar di kalangan Syafi’iyah yang bernama Syaikhul Islam Qadhi Badaruddin Muhammad bin Ibrahim Ibnu Jamaah al-Kinani asy-Syafii rahimahullah. Bagi yang telah mengkhatamkannya, sudah barang tentu mengenali fitnah baik yang nampak maupun tersembunyi. Fitnah adalah cobaan bagi seorang hamba dan fitnah seorang pemuda adalah syahwat.

Barangsiapa yang memerangi syahwatnya untuk taat kepada Allah maka ia sedang melakukan jihad fi sabililah. Contoh jihad yang real dalam kehidupan seorang pemuda. Disebutkan dalam tahapan belajar agama Islam yang pertama ialah belajar adab, dengan adab seseorang menjadi mulia. Dan salah satu faktor penghambat prestasi belajar bagi seorang pemuda adalah kurangnya adab (qillatul adab). Berapa banyak yang menyia-nyiakan waktunya karena meninggalkan bab ini.

Mengingatkan kembali kepada semuanya bahwa hadits tentang pemuda yang dicintai Allah adalah seorang pemuda yang hatinya terpaut dengan masjid. Juga, hadits jaga lima perkara sebelum lima perkara; waktu luangmu sebelum waktu sempitmu. Waktu dalam Islam menempati urutan awal yang harus diperhatikan. Dan tahukah Anda bahwa 7 golongan yang mendapat naungan di padang mahsyar ialah seorang pemuda yang menjaga waktunya? Ia selalu ingat shalat berjamaah … baginya bekerja adalah selingan dalam menunggu tibanya shalat berjamaah. Subhanallah … luar biasa sekali.

Dan untaian nasehat buat pemuda ini sekiranya bermanfaat untuk semua, meski durasinya yang pendek. Jadilah pemuda idaman. Pemuda adalah yang mampu memanfaatkan waktu luang dengan belajar agama. Pemuda dalam Islam adalah harapan, tumpuan umat dalam memperjuangkan Islam. Maka bagaimana mereka akan selamat dari syubhat dan syahwat, bilamana hijrah mereka masih di tempat (baca: chasingnya hijrah, tapi amalannya tidak berubah; ia masih menyia-nyiakan waktunya). Aduhai kemana perginya pemuda Islam …