Jangan Anggap Enteng Maksiat – Ustadz Afifi Abdul Wadud

Tobat maksiat bukan semudah menggoreng tempe, butuh perjuangan yang serius … saat terjatuh, ia harus bersegera untuk bangkit kembali. Berapa banyak ayat AlQuran tentang maksiat disebutkan sebagai self reminder, agar kita jangan menerjangnya. Apabila itu terjadi, maka takutlah dari menemui akhir hidup yang buruk. Hal ini dapat dikenali dari melihat tanda tanda kematian yang buruk.

Jangan Anggap Enteng Maksiat, sebuah ceramah yang mencoba menggugah kesadaran kita akan senantisa kita harapkan husnul khotimah menjelang. Dan hal tersebut, jauh dari hati yang mati. Kali ini, pemateri Ustadz Afifi Abdul Wadud hafizahullah menyertakan hadits tentang menyendiri, membeberkan macam macam dosa, utamanya dosa besar yang ada pada setiap diri manusia (dosa manusia), termasuk padanya 70 dosa besar yang pernah disusun oleh Imam Adz Dzahabi dalam kitab monumentalnya Al-Kaba’ir.

Contoh dosa besar di antaranya pamer amalan, sebab amalan hangus gara gara status bisa saja terjadi. Waspadai perusak amal ibadah. Salah satunya dengan memahami dengan seksama pengertian penyakit hati dalam Islam. Dan sepaket dengan trik berupa cara menghilangkan dosa dan sekaligus cara menyucikan jiwa dari kelamnya maksiat. Ketahuilah saat Anda sendiri, camkan bahwa Allah Maha Mengetahui Segalanya.

Jangan sampai Suul Khotimah menyapa Anda. Suul Khotimah artinya kematian yang buruk. Hal yang dapat menghadirkan muroqobah kita ialah pengetahuan tentang asma wa sifat-Nya. Ingatlah … dosa bagaikan setitik noda hitam yang kelak akan menutupi hati seseorang, jika ia dibiarkan menumpuk terus menerus!