Di mana Allah ?- Ustadz Dr. Sofyan Baswedan, M.A.

Ayat AlQuran tentang keberadaan Allah biasa dikenal dengan bahasan di mana Allah ? Kali ini Ustadz Sofyan Baswedan mencoba menjelaskan hadits tersebut dari sisi tinjauan hadits. Video ini menjawab tuntas terkait pertanyaan: Allah itu siapa? Ainallah? Siapakah Allah SWT menurut AlQuran? Aina Allah (di mana Allah?) dan pertanyaan-pertanyaan senada. Dari sini kita akan mengetengahkan dalil iman kepada Allah, yang mana masuk dalam cakupan bab rukun iman kepada Allah.

Mendulang faidah atau hikmah iman kepada Allah, salah satunya seorang muslim mulai mempelajari pengertian aqidah; memahami tujuan akidah Islam; dan mengetahui ruang lingkup aqidah Islam; serta tujuan mempelajari akidah Islam. Sekali lagi, iman kepada Allah mengharuskan untuk meyakini hal ini. Bahwa Allah fis Sama istiwa alal arsy. Apa itu arsy? Arti Arsy adalah makhluk tertinggi berupa singgasana dan bentuknya tidak bisa kita visualkan.

Penjelasan dari pemateri sungguh menggugah dan selaras dengan makalah aqidah Islam sekaligus sebagai jawaban atas pertanyaan agama Islam yang sulit dijawab. Seperti: Di mana Allah tinggal? Kembali jawabannya ialah segala hal yang kita ketahui tentang sifat sifat Allah, maka Ahlussunnah menerima penetapan sifat tersebut dan tidak membagaimanakannya. Atau dikenal dengan “Walaa takyif, walaa ta’thil. walaa tamtsil, dan walaa tahrif!”