Sabar dan Syukur – Ustadz Dr. Firanda Andirja, M.A.

Hadits tentang sabar dan syukur yang diuraikan oleh pemateri sungguh menyentuh hati. Bagaimana tidak, sabar adalah menahan. Sedangkan syukur lebih dekat kepada makna menerima. Cara melatih kesabaran menurut ISLAM ialah dengan senantiasa mengasah kesabaran kita saat menerima ujian dan cobaan. Sabar dan syukur, dua sifat yang semestinya melekat pada diri setiap muslim.

Keutamaan bersabar yang begitu luar biasa dan menelisik hikmah sabar dalam Islam menghasilkan keimanan yang tinggi terhadap takdir-Nya. Sabar dalam Islam termasuk perangai yang mulia. Oleh karena itu, kadang sabar digandengkan dengan shalat, “Mintalah tolong kepada Allah dengan sabar dan sholat.” Manfaat bersabar yang coba diuraikan oleh Ustadz Firanda hafizahullah berhasil (biidznillah) menyita perhatian jamaah shalat Jum’at kala itu.

Beralih kepada syukur. Syukur adalah pujian bagi orang yang memberikan kebaikan, atas kebaikannya tersebut. Begitu banyak ayat tentang bersyukur. Bersyukur dalam Islam termasuk akhlak yang mulia, dan kita kenal manfaat bersyukur yang paling mengena dalam satu ayat, “la azidannakum (maka akan Aku tambahkan nikmat-Ku).” bagi mereka yang melazimi kesyukuran. Membaca hadits tentang mensyukuri nikmat Allah yang selalu datang dari waktu ke waktu membuahkan keimanan yang mantap pada diri seorang muslim.

Video ini erat kaitannya dengan bahasan hadits tentang bersyukur beserta Arabnya; mengenal doa mensyukuri nikmat; mengetahui bagaimana cara kita bersyukur yang benar; dan mengetahui contoh bersyukur kepada Allah yang disyariatkan.