Hukum Tasyakuran di Bulan Suro – Ustadz Ammi Nur Baits

Puasa bulan Muharram sebentar lagi insya Allah menjumpai kita dan sekian amalan di bulan Muharram tersaji untuk Anda raih dan amalkan. Berikut keutamaan 10 Muharram yang telah melambai-lambai di pelupuk mata. 1 Muharram adalah awal kali penanggalan hijriyah bermula dan seorang muslim dituntut untuk mengetahui sunnah di bulan Muharram apa saja. Hal ini tidak mengharuskannya untuk mengenal sejarah bulan Muharram dan apa saja hikmah 1 Muharram. Ia pun mengenal nama bulan Islam lainnya. Sejarah tahun baru hijriyah (adanya tahun baru hijriyah) tidak dikenal di era Sahabat radhiyallahu ‘anhum.

Dan pada ceramah ini, Anda diajak untuk menyimak serangkaian tanya jawab berupa Hukum Tasyakuran di bulan Suro (salah satu nama dari bulan Jawa). Bersama Ustadz Ammi Nur Baits hafizahullah. Bulan Suro identik dengan bulan yang dilarang untuk menikah dalam Islam. Dan anggapan-anggapan negatif lainnya. Simak selengkapnya dalam video yang menggugah ini.

Selain itu, Anda diajak untuk flashback sejenak terkait perhitungan kalender hijriyah dan mengenal nama nama bulan hijriah yang ditetapkan oleh Khalifah Umar bin Khaththab radhiyallahu ‘anhu. Sedangkan membiasakan doa pergantian bulan (baca: doa melihat hilal pada setiap awal bulan, hal itu dianjurkan sebagaimana warid dalam sunnah, adapun mengkhususkan doa tahun baru hijriyah, maka yang demikian tidak dikenal oleh para ulama salaf). Video ini masih bersesuaian dengan ayat tentang bersyukur, juga lafadz Syukur Alhamdulillah, memahami dengan baik keutamaan bersyukur, merebaknya tasyakuran saat bulan Suro, dan lain-lain.