Tidak Tahu Kapan 1 Muharram, Bagaimana Puasanya? – Poster Dakwah Yufid TV

Amalan bulan Muharram sebagaimana bulan lainnya dan yang mengistimewakannya ialah puasa bulan Muharram dan memperbanyak taubat di dalamnya. Keistimewaan bulan Muharram disebutkan sebagai sebaik-baik bulan setelah Ramadhan. Dengan keutamaan di atas, tidakkah Anda tergerak untuk memperbanyak amalan di bulan Muharram?

Keutamaan 10 Muharram yang kita kenal dari riwayat yang ada ialah hari di mana Allah memenangkan Musa ‘alaihissalam dan Bani Israil atas Fir’aun dan bala tentaranya. 1 Muharram adalah pertanda awal tahun dalam kalender hijriyah. Sunnah di bulan Muharram di antaranya menyelisihi puasa orang Yahudi pada tanggal 10 dan menambahkan tanggal 9 pada satu hari sebelumnya (baca: puasa pada tanggal 9 dan 10, tidak hanya tanggal 10 saja).

Sejarah bulan Muharram dan hikmah 1 muharram bisa Anda simak dalam video poster dakwah lainnya. Adapun video ini khusus membahas Tidak Tahu Kapan 1 Muharram Bagaimana Puasanya ? Ketahuilah 10 Muharram jatuh pada tanggal yang ditetapkan dengan ru’yatul hilal yang diselenggarakan oleh badan yang ditunjuk oleh pemerintah secara resmi.

Muharram adalah nama bulan Islam dan kaum muslimin zaman awal tidak pernah mengenal sejarah tahun baru hijriyah. Muharram dalam bulan Jawa disebut Suro. Bisa jadi dari penggalan nama puasa Asy Syuro. Perhitungan kalender hijriyah dimulai dari bulan ini. Nama nama bulan hijriah, tentunya sudah familiar di telinga Anda. Jadi, tidak perlu kami ulang di sini.

Simakpula video yang terkait dengan kisah Nabi Musa alaihisallam, mitos tentang larangan di bulan Muharram, doa pergantian bulan yang selayaknya untuk dihafal, dan keutamaan Muharram secara umum.