Antara Surga di Bawah Kaki Suami dan Surga di Bawah Kaki Ibu – Ustadz Dr. Firanda Andirja, M.A. – 5 Menit yang Menginspirasi

Kewajiban istri terhadap suami ialah menunaikan hak-hak suaminya dengan baik. Adapun terkait hadits berbakti kepada orang tua maka berlaku secara umum bahwa seorang suami mempunyai Surga di bawah kaki ibunya, sedangkan istri mempunyai Surga di bawah kaki suaminya. Inilah hadits tentang istri terhadap suami mereka, berupa hadits tentang istri yang baik di mata suaminya dan seterusnya dari etiket berumah tangga.

Adanya hak dan kewajiban suami istri dalam rumah tangga bukan formalitas dalam lembaran surat nikah saja. Tentunya dibuktikan dalam keseharian kedua mempelai. Setiap muslim dan muslimah mengenal keutamaan berbakti kepada orang tua dalam kajian-kajian mereka. Oleh karena itu, sebisa mungkin mereka menerapkannya.

Ridho suami ridho Allah, sebuah ungkapan secara makna dari suatu hadits, dan ada benarnya. Kini, Anda tengah menyimak polemik antara Surga di Bawah Kaki Suami dan Surga di Bawah Kaki Ibu … satu ceramah singkat disampaikan oleh Ustadz Firanda Andirja hafizahullah; salah seorang pengajar tetap di Masjid Nabawi bagi para jamaah yang berasal dari Indonesia.

Video ini secara khusus membahas contoh berbakti kepada orang tua, adanya kewajiban istri terhadap suami, mengetahui hadits tentang birrul walidain, mengenal kewajiban suami menafkahi istri, memahami bahwa hak istri terhadap gaji suami, menempatkan hak istri dan hak suami pada tempat yang sesuai.