Pengurusan Jenazah yang Mati Bunuh Diri dalam Islam – Poster Dakwah Yufid TV

Hukum bunuh diri dalam Islam adalah terlarang dan merupakan dosa besar dalam Islam. Dosa bunuh diri dalam Islam disebutkan dalam hadits larangan bunuh diri dalam Islam. Orang yang bunuh diri akan disiksa dengan cara yang sama ketika dia bunuh diri, misalnya gantung diri. Jenazah gantung diri akan disiksa dengan digantung. Bunuh diri dengan minum racun akan disiksa dengan minum racun, dan lain sebagainya.

Benarkah orang bunuh diri tidak boleh disholatkan ataupun dikafani? Diantara hak muslim terhadap muslim lainnya adalah mengurus jenazahnya. Pengurusan jenazah dalam Islam meliputi memandikan, mengkafani jenazah, menyolati, dan menguburkan jenazah. Terdapat hadits yang menceritakan bahwa didatangkan jenazah bunuh diri kepada Nabi ﷺ namun beliau enggan menyolati jenazah bunuh diri tersebut. Apakah ini berarti orang bunuh diri tidak boleh disholatkan? Bagaimana jika masyarakat setempat sepakat untuk tidak mengkafani dan menyolati orang yag mati bunuh diri?

Yuk, simak penjelasan Imam An Nawawi rahimahullah terkait pengurusan jenazah yang mati bunuh diri apakah benar orang bunuh diri tidak boleh disholatkan dalam video Poster Dakwah Yufid TV kali ini. Semoga bermanfaat.