Makanan Haram dan Berikan Maafmu – Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. – 5 Menit yang Menginspirasi

Makanan Haram dan Berikan Maafmu merupakan dua pertanyaan dari jamaah yang mengikuti kajian yang dilangsungkan bersama Ustadz Abu Yahya Badrusalam hafizahullah. Beliau menjelaskan penghalang doa bagi setiap hamba. Mengenal penghalang doa terkabul, menjadikan kita semakin waspada saat berdoa. Dan kali ini salah satu yang dibahas ialah penghalang doa dikabulkan. Mari kita mengupas satu persatu penghalang doa tidak dikabulkan apa saja? Mulai dari mengkonsumsi makanan dari hasil yang haram. Makanan haram akan berpengaruh pada doa seseorang.

Dan pada soal kedua terdapat anjuran berupa memaafkan orang lain. Mengacu pada hadits sabar dan maaf yang populer penyebutannya dalam bab akhlak. Salah satu akhlak mulia ialah mudah memaafkan dan dibahas pula hukum orang yang susah memaafkan dalam agama: apakah ia berdosa atau sesuatu yang mubah saja? Tak lupa, dalam soal pertama disebutkan adab berdoa; berdoa kepada Allah dan memahami dengan benar tentang adab ke agungan Allah yang semestinya diindahkan (baca: diamalkan)! Mengingat cara berdoa kepada Allah yang benar telah dijelaskan pada video-video Yufid sebelumnya.

Manusia hanya bisa berdoa dan berusaha. Oleh karena itu, jadikanlah Allah tempat bersandar segala problemmu, kenali dengan baik waktu doa mustajab yang ditunjukkan dalam sunnah shahihah. Dalam silsilah doa, ada suatu bab yakni doa agar cepat dikabulkan hajatnya atau bisa disebut tips untuk dikabulkan doanya. Tentunya bukan sekedar mengamalkan tips atau trik, melainkan ia penuhi syarat dan adab berdoa yang telah ditentukan oleh Allah dan Rasul-Nya. Akhir kata, beri maaf sebelum terlambat. Tidak ada kata yang lebih HEBAT selain memaafkan.