Keutamaan Anak Perempuan: Memelihara Tiga Anak Perempuan – Ustadz DR. Sofyan Baswedan, Lc,MA.

Dalam Islam ada keutamaan anak perempuan secara khusus, terlbih lagi memelihara tiga anak perempuan disebutkan dalam hadits khusus. Dalam sebuah rumah tangga kehadiran seorang anak merupakan anugerah yang sangat besar, akan tetapi sebagian orang tua ada yang beranggapan bahwa seorang anak laki-laki dianggap lebih mulia dibandingkan anak perempuan, sehingga mereka lebih mengharapkan kehadiran anak laki-laki daripada anak perempuan. Padahal hadirnya anak perempuan dan merawat anak perempuan dalam Islam, juga merupakan nikmat Allah yang sangat besar, dan disebutkan dalil khusus tentang keutamaan memiliki anak perempuan dan orang tua akan mendapatkan keutamaan mendidik anak perempuan mereka.

Dalam kitab shahihnya Imam Muslim membuat bab khusus yang berjudul “Keutamaan Berbuat Baik kepada Anak-Anak Perempuan”. Dalam bab tersebut berisi khusus tentang hadits keutamaan anak perempuan, beliau bawakan membawakan tiga hadits yang berisi keutamaan anak perempuan dalam islam. Salah satunya tentang hadits merawat anak perempuan yang artinya:

“Ada seorang wanita yang datang menemuiku dengan membawa dua anak perempuannya. Dia meminta-minta kepadaku, namun aku tidak mempunyai apapun kecuali satu buah kurma. Lalu akau berikan sebuah kurma tersebut untuknya. Wanita itu menerima kurma tersebut dan membaginya menjadi dua untuk diberikan kepada kedua anaknya, sementara dia sendiri tidak ikut memakannya. Kemudian wanita itu bangkit dan keluar bersama anaknya. Setelah itu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam datang dan aku ceritakan peristiwa tadi kepada beliau, maka Nabi shallallhu ‘alaii wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang diuji dengan anak-anak perempuan, kemudia dia berbuat baik kepada mereka, maka anak-anak perempuan tersebut akan menjadi penghalang dari siksa api neraka” (H.R Muslim 2629)

Dalam hadits tersebut disebutkan tentang pahala mendidik anak perempuan yang balasannya adalah menjadi penghalang dari siksa api neraka bagi orang tuanya.(http://muslim.or.id/10677-ganjaran-me…)

Kemuadian hadits yang berikutnya tentang keutamaan/pahala merawat anak perempuan yang artinya:

“Barangsiapa yang mengayomi dua anak perempuan hingga dewasa maka ia akan datang pada hari kiamat bersamaku” (Anas bin Malik berkata : Nabi menggabungkan jari-jari jemari beliau). (HR Muslim 2631)