Wanita Bercadar Bermuamalah – Ustadz Abu Qotadah – 5 Menit yang Menginspirasi

Wanita bercadar bermuamalah dengan baik dalam kehidupannya. Penutup wajahnya tidak menghalangi ia untuk bermuamalah kepada orang lain. Ia tampilkan akhlak mulia Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam aktivitasnya. Betapa banyak contoh akhlak yang baik dari para salaf. Yang mana menunjukkan akhlak karimah dalam praktek kehidupan nyata. Mengapa mereka bisa berbuat demikian? Karena mereka mengamalkan hadits tentang akhlak yang baik. Masya Allah …

Memahami sirah nabawiyah, akan tampak macam macam akhlak terpuji di dalamnya. Dan teguran keras dari memiliki akhlak tercela. Sungguh berbeda antara berbuat jelek dan berbuat baik, keduanya mempunyai pembatas. Berbuat baik kepada sesama sangat dianjurkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Akhlak muslimah mencerminkan kepribadiannya, karena apa yang terbetik di hati, biasanya nampak di lisan. Akhlak seorang muslimah mencerminkan muslimah yang lainnya. Wajar jika kita sering mendengar “gebyah uyah” (baca: menyamaratakan). Jika ada satu muslimah berperangai jelek, maka akan dikaitkan dengan muslimah lainnya. Padahal tidak demikian kenyataannya.

Ustadz Abu Qotadah menjelaskan akhlak antar sesama atau yang biasa disebut sopan santun. Seorang yang berakal menjunjung tinggi sopan santun. Sopan santun adalah perilaku yang menjadi standar kebaikan pada suatu masyarakat baik tertulis maupun tidak. Atau dengan bahasa lain, ialah akhlak mulia. Dalam literatur Islam, disebutkan dalil akhlak mulia yaitu “Barangsiapa beriman kepada Allah dan Rasul-Nya hendaknya ia memuliakan tetangganya.” Manusia adalah makhluk sosial, dalam interaksi sosial ada yang namanya timbal balik, sebagaimana Anda ingin diperlakukan baik, maka berlaku baik pula kepada orang lain. Miliki adab bergaul yang baik dan pandailah dalam membawa diri.

Seorang muslimah dituntut untuk mengenal adab bermasyarakat dalam kamus kesehariannya dan ia pun respek terhadap adab hidup bertetangga menurut Islam. Ia selalu berusaha memberikan akhlak terpuji dalam pergaulannya, ia menjaga adab, apalagi ia seorang muslimah yang qanitat, insya Allah.