Imam Syafi’i dan Manhajnya – Ustadz Abu Ubaidah Yusuf As Sidawi – 5 Menit yang Menginspirasi

Imam Syafii dan manhajnya … apa yang Anda ketahui tentangnya? Imam Syafii ialah sosok panutan. Imam syafii adalah salah satu imam mazhab. Imam Syafii belajar semenjak masih belia. Inilah kajian yang membahas prinsip beragama Imam Syafii, janganlah Anda hanya mengatakan, “Saya Fikihnya Syafii, tapi Akidahnya Asyari?” Inilah Manhaj Salafi, satu manhaj yang terbekati atasnya. Manhaj Salafi adalah manhaj yang berkiblat kepada tiga kurun utama sebagaimana hadits, “Khairunnasi qarni tsummalladzina yaluunahum (tsalatasa marrots).” Simaklah lebih lanjut tentang manhaj salafi imam Syafii …

Sedikit banyak kita uraikan biografi Imam Syafii rahimahullah yang mana beliau memadukan antara ilmu dan amal dalam kehidupannya. Ilmu dan amal dalam Islam ialah suatu kesatuan yang tidak boleh dipisahkan, jika dipisah, maka lihatlah Yahudi yang berilmu tapi enggan beramal dan lihatlah Nasrani yang semangat beramal tapi miskin ilmu. Oleh karena itu, disebut sebagai ilmu yang bermanfaat manakala mengantarkan seseorang menuju taqwa. Inilah penjelasan ringkas dari Ustadz Abu Ubaidah Yusuf As Sidawi hafizahullah seputar mazhab yang laris atau yang banyak diamini oleh penduduk Indonesia yakni Mazhab Syafii.

Mari kita mengenal Imam Syafii lebih dalam, Mazhab Syafii adalah mazhab ketiga dalam dunia Islam, ia lahir sezaman dengan mazhab setelahnya yakni mazhab Hanbali. Mazhab Syafi’i di Indonesia berkembang sejak para pedagang dari luar negeri (sebut saja Gujarat, India — karena terjadi khilaf di dalam bab ini) yang membawanya. Mereka berdagang sekaligus berdakwah di tanah air kita. Untuk lebih detailnya silahkan untuk disimak: https://www.youtube.com/watch?v=BaiCx…. Anda akan mengenal lebih jauh terkait mazhab Syafi’iyah yang berkembang di nusantara.

Semangat belajar agama warga Indonesia sudah terlihat semenjak zaman dahulu, mereka pun melahap kitab fiqh mazhab Syafii dalam pengajian-pengajianya. Sebut saja Bulughul Maram, Matan Abu Syuja’ dan selainnya menjadi kitab pegangan utama dari mazhab ini. Terlebih kedudukan Imam Syafii sebagai pemuka imam empat mazhab menjadi sosok teladan yang tidak tergantikan di mata umat, menurut mereka fiqih Syafii lebih mendekati ajaran Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, betul?