Mengenal Imam Syafii – Ustadz Abu Ubaidah Yusuf As Sidawi – 5 Menit yang Menginspirasi

Mazhab Syafii ialah mazhab yang banyak diikuti oleh penduduk Indonesia. Maka pada video kali ini, Anda akan kami ajak untuk mengenal Imam Syafii. Ini bukan pelajaran mazhab. Mazhab Syafi’i adalah metode beragama yang ditempuh oleh Imam Asy Syafii. Di sini perlunya kita menjabarkan tentang apa itu aqidah. Aqidah adalah pokok pokok keimanan. Jangan sampai kita mengambil fikih dari Imam Syafii, tapi enggan mengambil aqidahnya.

Mazhab Syafi’i di Indonesia sangat terkenal daripada mazhab selainnya. Lalu kemudian lazim istilah mazhab Syafi’iyah. Jika sebelumnya Anda telah menyimak video dengan judul Imam Syafii dan Manhajnya, kini simaklah mengapa kami membahas manhaj Imam Syafii? Imam Syafii adalah panutan umat di zamannya maupun zaman setelahnya. Imam Syafii belajar semenjak masih kanak-kanak dan menyelesaikan hafalan Qur’an di usia belia. Mengapa seorang muslim harus mengenal prinsip beragama? Atau apa kaitannya dengan istilah yang booming saat ini yakni manhaj Salafi atau sebagiannya menyebut sebagai Wahabi.

Manhaj Salafi adalah manhaj Rasulullah dan para sahabatnya, ia bukanlah mazhab yang dibuat oleh Ibnu Taimiyah dan orang-orang semisalnya. Lalu kami (penulis) susun sebuah buku berjudul Manhaj Salafi Imam Syafii, suatu pertanyaan tegas dan kami harap bukan suatu pemaksaan atasnya. Setidaknya pemateri menyajikan biografi Imam Syafii secara sekilas, di mana beliau memadukan ilmu dan amal. Ilmu dan amal dalam Islam harus selalu seiring sejalan. Simaklah penuturan dari Ustadz Abu Ubaidah Yusuf As Sidawi hafizahullah yang istimewa ini. Dalam video lain akan diungkap tentang pendapat para ulama tentang Imam Syafii, seorang imam yang meneladani Rasulullah dalam kehidupannya, Anda bisa melihatnya dalam karya fiqih Syafii yang disusun oleh murid-muridnya, seperti Mukhtashar Al-Muzani. Inilah video tentang manhaj yang semestinya Anda pahami dengan baik dan menjadikannya sebagai fiqh yang bermanfaat.