Tata Cara Shalat Gerhana

Sholat gerhana merupakan ibadah yang disyariatkan di dalam Islam. Kaum muslimin yang melihat gerhana hendaknya tidak meninggalkan sholat ini. Maka sudahkah anda mengetahu tata cara sholat gerhana?

Gerhana merupakan salah satu tanda kekuasaan Allah yang agung, yang hendaknya seorang muslim dapat mengambil hikmah dari peristiwa gerhana. Salah satu syariat yang diperintahkan ketika seorang muslim melihat gerhana bulan atau matahari hendaknya melaksanakan sholat gerhana. Ada perbedaan pendapat dari para ulama tentang hukum shalat gerhana, sebagian ulama menyatakan bahwa sholat gerhana matahari dan bulan hukumnya adalah sunnah mu’akkadah namun ada pula sebagian ulama yang menyatakan bahwa sholat gerhana bulan maupun shalat gerhana matahari merupakan sebuah kewajiban.

Lalu bagaimana tata cara shalat gerhana matahari dan tata cara shalat gerhana bulan atau yang juga disebut dengan sholat kusuf? Shalat gerhana dimulai dari awal gerhana matahari atau bulan sampai gerhana berakhir, sehingga ketika terjadi gerhana hendaklah seorang muslim memasang niat shalat gerhana matahari maupun niat shalat gerhana bulan. Tata cara shalat kusuf atau cara shalat gerhana dilakukan secara berjama’ah sebanyak dua rakaat dan pada tata cara sholat gerhana dianjurkan untuk memanjangkan bacaan surat Alquran dan juga dianjurkan untuk memanjangkan rukuk dan sujudnya, dan setelah bangkit dari rukuk tidak langsung sujud namun tetapi membaca surat al-Fatihah dan surat yang lebih ringan dari yang pertama, kemudian melakukan rukuk lagi baru kemudian melakukan sujud. Demikian pula tata cara untuk rakaat kedua. Setelah salam maka imam berkhutbah kepada para jama’ah terutama anjuran untuk banyak dzikir, berdo’a, istighfar dan bersedekah. Demikian tata cara shalat gerhana bulan berjamaah dan juga sholat gerhana matahari, lalu apakah hukumnya sholat gerhana sendirian dan bagaimana tata cara shalat gerhana matahari sendirian? Sebagian ulama memperbolehkannya namun yang lebih utama adalah sholat gerhana dengan berjama’ah.

Semoga kita diberi kemudahan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk mengamalkannya ketika menjumpai gerhana di kehidupan kita.

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_c…
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv
*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BNI SYARIAH
0381.346.658
a.n. YUFID NETWORK YAYASAN

BANK SYARIAH MANDIRI
7086.882.242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK

Paypal: fi[email protected]

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se