Wajibnya Bertaubat – Hadits-hadits Puasa 27 – Audio Dakwah Yufid TV

Setiap kita pasti pernah berbuat kesalahan yang berbuah dosa. Dan sebaik-baik orang yang berdosa adalah yang bertaubat kepada Allah subhanahu wata’alaa. Pertanyaannya, apa hukum taubat? Apa dalil taubat? Dan apa syarat taubat? Yuk simak nasihat berikut ini.

Manusia teramat butuh akan taubat, dan selayaknya untuk menyibukkan diri dengannya. Menyegerakan taubat adalah wajib, dan tidak boleh mengakhirkan atau menunda-nunda taubat. Sesungguhnya Allah akan menerima mereka yang bertaubat dengan segera, setelah berbuat dosa karena kejahilan, sebelum amal terputus dan ajal tiba.

Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Sesungguhnya taubat di sisi Allah hanyalah taubat bagi orang-orang yang mengerjakan kejahatan (dosa) lantaran kejahilan, yang kemudian mereka bertaubat dengan segera, maka mereka itulah yang diterima Allah taubatnya; dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. Dan tidaklah taubat itu diterima Allah dari orang-orang yang mengerjakan kejahatan (yang) hingga apabila datang ajal kepada seseorang diantara mereka, (barulah) ia mengatakan: “Sesungguhnya saya bertaubat sekarang”. Dan tidak (pula diterima taubat) orang-orang yang mati sedang mereka di dalam kekafiran. Bagi orang-orang itu telah Kami sediakan siksa yang pedih.” (QS. An Nisaa’ : 17-18)

Wajibnya Taubat
Imam Al Qurthubi berkata, “Para ulama bersepakat bahwa taubat hukumnya wajib atas setiap mukmin, berdasarkan firman Allah Ta’ala (yang artinya), “Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, wahai orang-orang mukmin.” (QS. An Nuur : 31). Juga firman Allah (yang artinya). “Wahai orang-orang mukmin bertaubatlah kalian kepada Allah dengan taubat nasuha.” (QS. At Tahrim : 8). Ini merupakan bentuk perintah yang wajib atas setiap individu, di tiap kondisi, di tiap zaman.”

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_c…
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/

Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/

Telegram: https://telegram.me/yufidtv

Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv

AUDIO KAJIAN
Website: https://kajian.net

Soundcloud: https://soundcloud.com/kajiannet

*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com

*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BANK SYARIAH INDONESIA
7086882242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Kode BSI: 451

Paypal: [email protected]

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se