Totalitas Dalam Menjaga Kejujuran – Ustadz Abdullah Zaen, Lc., MA

Jujur adalah satu di antara sekian banyak sifat mulia yang harus dimiliki oleh seorang muslim. Dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam adalah teladan bagi segenap umat Islam dalam menjaga kejujuran. Sudahkah kita memiliki sifat jujur? Bagaimana cara agar menjadi orang yang jujur? Yuk simak video nasihat Ustadz Abdullah Zaen, Lc., MA berikut ini!

At Taubah 119

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ ٱتَّقُواْ ٱللَّهَ وَكُونُواْ مَعَ ٱلصَّٰدِقِينَ

Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah, dan bersamalah kamu dengan orang-orang yang benar.

-Surah At-Tawbah, Ayah 119

Jujur dalam ucapan, sikap.

Barangsiapa yang bisa menjaga kejujuran maka dia akan beruntung dunia dan akhirat.

Keberuntunag di dunia orang yang jujur pasti dibantu oleh Allah. Ditoloing oleh Allah. Bagian bisa jadi yang akan membantu adalah musuh nya sendiri.

Contoh, kisah nabi yusuf dan mysuhnya yaitu zulaikha

قَالَ مَا خَطۡبُكُنَّ إِذۡ رَٰوَدتُّنَّ يُوسُفَ عَن نَّفۡسِهِۦۚ قُلۡنَ حَٰشَ لِلَّهِ مَا عَلِمۡنَا عَلَيۡهِ مِن سُوٓءٖۚ قَالَتِ ٱمۡرَأَتُ ٱلۡعَزِيزِ ٱلۡـَٰٔنَ حَصۡحَصَ ٱلۡحَقُّ أَنَا۠ رَٰوَدتُّهُۥ عَن نَّفۡسِهِۦ وَإِنَّهُۥ لَمِنَ ٱلصَّٰدِقِينَ

Dia (raja) berkata (kepada perempuan-perempuan itu), “Bagaimana keadaanmu ketika kamu menggoda Yusuf untuk menundukkan dirinya?” Mereka berkata, “Mahasempurna Allah, kami tidak mengetahui sesuatu keburukan darinya.” Istri Al-Aziz berkata, “Sekarang jelaslah kebenaran itu, akulah yang menggoda dan merayunya, dan sesungguhnya dia termasuk orang yang benar.”

-Surah Yusuf, Ayah 51

Keberuntungan di akhirat untuk orang yang jujur. Akan mwngantarkan ke surga. Hadits bukhori muslim. Bersikap jujurlah sesungguhnya sikap jujur akan mengantar pada kebaikan Dan kebaikan akan mengantarkan ke surga.