Tafsir Al Quran Abasa: Tafsir Surat ‘Abasa Ayat 1-42: Tafsir Ringkas dan Mudah

Siapa yang tidak kenal surat ‘Abasa? Sobat Yufid.TV pasti bukan hanya tahu, tapi juga hafal kan? Surat ‘Abasa merupakan surat ke 80 di dalam Al Quran. Surat ‘Abasa adalah surat yang agak panjang terdiri dari empat puluh dua ayat dan cukup mudah untuk dihafalkan. Lantas, sudahkah kita mengetahui makna-makna yang terkandung di dalam surat yang agung tersebut? Yuk simak tafsir surat ‘Abasa berikut ini.

Surat Abasa merupakan surat ke 3 dalam urutan juz 30. Surah ‘Abasa yang diawali dengan ayat abasa watawalla ini terdiri dari 42 ayat. Surat ini tergolong ke dalam surat Makkiyah karena surat Abasa diturunkan pada fase Mekah. Sebelum diturunkannya surat Abasa surah an Najm merupakan wahyu yang Allah turunkan ketika itu dan setelahnya ada surat Al Qadr. Abasa artinya bermuka masam. Di dalam tafsir surat Abasa, surat Abasa artinya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bermuka masam atau mengerutkan wajahnya, hal ini dilatarbelakangi oleh kisah Abdullah bin Ummi Maktum yaitu seseorang yang buta yang ingin menemui Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, namun beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam berpaling dan lebih memilih berdiskusi dengan tokoh Quraisy. Kisah ini Allah abadikan dalam surat Abasa ayat 1-10. Kemudian setelah Allah tegur Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam di dalam surat Abasa 1-10, Allah kembali mengingatkan tentang kitab-kitab yang dimuliakan hingga ayat 16. Dalam Quran Surat Abasa ayat 17 hingga selesai, kita akan mendapati arti surat Abasa secara menyeluruh dan makna yang terkandung di dalamnya.

Dalam video kali ini, Yufid.TV akan menayangkan tafsir Al Quran surat Abasa lengkap yang disertai dengan murottal dan terjemahan Indonesia, selain arti abasa dan lantunan surat Abasa merdu sekali, terdapat pula penjelasan tafsir ringkas ayat per ayat. Sudah banyak video-video dan artikel yang menjelaskan tentang surat Abasa. Ada yang menampilkan surat Abasa latin untuk memudahkan kaum muslimin dalam belajar membaca Al-Quran, karena dengan adanya surat Abasa latin, orang-orang yang belum bisa membaca huruf arab menjadi sangat terbantu. Ada pula yang menjelaskan tentang cara menghafal dengan metode tertentu, salah satunya menghafal surat Abasa metode ummi. Selain itu, saat ini sangat banyak Qori’ yang melantunkan murottal merdu yang tersebar di platform YouTube maupun jejaring sosial lainnya, salah satu Qori yang pernah melantunkan murottal Abasa yaitu saudara Muzammil. Selain surat Abasa Muzammil juga sudah sering melantunkan murottal juz 30 dan surat-surat di dalam Al-Quran lainnya.

#TadabburQuran​ #TadabburDaily​ #SuratAbasa

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_c…
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv

AUDIO KAJIAN
Website: https://kajian.net
Soundcloud: https://soundcloud.com/kajiannet

*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BANK SYARIAH INDONESIA
7086882242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Kode BSI: 451

Paypal: [email protected]

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se