Tafsir Al Quran At Takwir: Surat At-Takwir Ayat 1-29: Tafsir Ringkas dan Mudah

Siapa yang tidak kenal surat at-Takwir? Sobat Yufid.TV pasti bukan hanya tahu, tapi juga hafal kan? Surat at-Takwir merupakan surat ke 81 di dalam Al Quran. Surat at-Takwir adalah surat yang agak panjang terdiri dari dua puluh sembilan ayat dan cukup mudah untuk dihafalkan. Lantas, sudahkah kita mengetahui makna-makna yang terkandung di dalam surat yang agung tersebut? Yuk simak tafsir surat at-Takwir berikut ini.

Surat at-Takwir merupakan surat ke 81 yang terdiri dari surah at Takwir ayat 1-29. Surah at Takwir adalah surat yang turun di kota Mekah sebelum Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam hijrah ke Kota Madinah. Di dalam tafsir surat at Takwir, At Takwir artinya menggulung. Hal ini merupakan bagian dari beberapa peristiwa hari kiamat yang digambarkan dalam QS at Takwir yang sangat dahsyat, sehingga membuat tiap-tiap jiwa menyesali apa yang telah diperbuatnya ketika di dunia.

Surat yang diawali dengan ayat idza syamsu kuwwirat ini menjelaskan 12 sumpah berturut-turut dari Allah ‘Azza wa Jalla tentang peristiwa hari kiamat yang begitu dahsyat. Dalam riwayat Sunan Tirmidzi, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda, “Barangsiapa yang suka melihat hari kiamat seakan-akan dia melihat langsung maka bacalah surah idza syamsu kuwwirat yaitu atTakwir, dan bacalah idza syamaun fatorots yaitu surat al Infitar dan wa idza syamaun syaqqats surat al Insyiqaq.”

Dalam tafsir Al Quran ini, Allah mengawali surat at Takwir ayat 1-3 dengan sumpah yang berkaitan dengan alam semesta yang sudah tidak asing lagi di mata kaum musyrikin yaitu matahari, bintang-bintang dan gunung-gunung yang akan hancur dan tergulung. Kemudian dilanjutkan hingga at Takwir 1-10 yang menjelaskan tentang bagaimana Allah mengumpulkan ruh-ruh dan membagi menjadi berkelompok-kelompok untuk mempertanggungjawabkan apa yang telah mereka kerjakan di dunia. Penjelasan lengkap surat at Takwir ayat 1-29 akan tersaji dalam video ini.

Video tafsir surat at Takwir ayat 1-29 Yufid.TV ini juga dilengkapi dengan Al Quran dan terjemahannya, yang disajikan dengan murottal Quran merdu dan penjelasan per ayat. Murottal at Takwir ini akan dilantunkan oleh seorang Qori’ dan murottal merdu ini juga dilantunkan dengan pelan dan makhraj yang jelas sehingga bisa membantu kaum muslimin dalam menghafal Al Quran juga.

Di zaman digital seperti sekarang ini, banyak sekali metode belajar yang sudah tersebar di internet. Khususnya untuk surat at-Takwir, selain belajar tafsir Al Quran at Takwir, juga banyak terdapat metode menghafal yang sudah populer salah satunya at-Takwir metode ummi, adapula surat at Takwir dan terjemahannya yang dilengkapi dengan transliterasi surat at Takwir latin, dengan mencantumkan at Takwir latin, cara ini dapat mempermudah kaum muslimin dalam membaca Al Quran.

#TadabburQuran​ #TadabburDaily​ #SuratAtTakwir

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_c…
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv

AUDIO KAJIAN
Website: https://kajian.net
Soundcloud: https://soundcloud.com/kajiannet

*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BANK SYARIAH INDONESIA
7086882242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Kode BSI: 451

Paypal: [email protected]

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se