Tafsir Al Quran Al Ashr: Surat Al Ashr Ayat 1-3: Tafsir Ringkas dan Mudah

Waktu merupakan perkara yang sangat penting. Dan waktu adalah nikmat yang sangat berharga bagi setiap manusia. Oleh karena itu hendaknya kita memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.

Surat al Ashr merupakan salah satu surat pendek dalam Al Quran yang sudah banyak dihafal kaum muslimin. Surat al Ashr terdiri dari berapa ayat? Hanya terdapat tiga ayat dalam surah al Ashr sehingga mudah untuk dihafalkan. Akan tetapi masih banyak pula kaum muslimin yang belum memahami kandungan surat Al ashr ini. Padahal apabila kita mempelajari tafsir surat al Ashr ini, didalamnya terdapat makna yang mendalam.

Imam Syafi’i rahimahullah pernah berkata tentang surat al Ashri,

هذه السورة لو ما أنزل الله حجة على خلقه إلا هي لكفتهم

“Seandainya Allah menjadikan surat ini sebagai hujjah pada hamba-Nya, maka itu sudah mencukupi mereka.” Sebagaimana hal ini dinukil oleh Syaikh Muhammad At Tamimi dalam Kitab Tsalatsatul Ushul.

Berdasarkan urutan surat dalam Mushaf, al Asr berada di urutan ke 103. Al Ashr artinya masa. Yang diambil dari ayat pertama yaitu wal ashr. Dalam tafsir di atas sendiri, wal ashri artinya Allah yang Maha Suci bersumpah dengan waktu asar. Secara keseluruhan surat al Ashr artinya kerugian manusia yang tidak memanfaatkan waktunya untuk beramal shalih. Apa sajakah amal shalih yang dimaksud? dalam al Ashr ayat 3 menjelaskan ada empat sebab yang tidak akan membuat kita merugi, yaitu orang yang beriman, beramal shalih, berdakwah, dan bersabar. Al Ashr diturunkan di kota Mekah, dan tergolong ke dalam surat Makkiyah.

Sudah banyak sekali artikel maupun video tentang surat al Ashr ayat 1-3 dan artinya, banyak pula kajian-kajian ilmiah yang menyampaikan tentang pesan dari al Ashr ini. Pada kesempatan kali ini, Yufid.TV juga akan menyajikan video tentang tafsir Al Quran al Ashr ayat 1-3 yang dikemas secara ringkas dan mudah agar membantu kaum muslimin dalam mempelajarinya. Disamping berisi tentang surat al Ashr dan artinya, terdapat juga penjelasan tafsir yang disajikan ayat demi ayat agar lebih mudah untuk menyimaknya.

Bagi kaum muslimin yang belum lancar dalam membaca Al Quran bisa menggunakan bantuan surat al ashr latin. Sebagai seorang muslim selayaknya kita harus terus menambah ilmu agama agar bisa lebih meningkatkan iman dan ketakwaan kita. Setelah kita mengetahui surah al Ashr dan artinya, mari kita mentadaburi kandungan dari surat tersebut. Dengan kita mempelajari tafsir al Ashr, kita dapat mengetahui bagaimana kita seharusnya menjalani kehidupan ini dengan memanfaatkan waktu yang ada.

#TadabburQuran #TadabburDaily #TafsirAlAshr

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_c…
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv

AUDIO KAJIAN
Website: https://kajian.net
Soundcloud: https://soundcloud.com/kajiannet

*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BANK SYARIAH INDONESIA
7086882242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Kode BSI: 451

Paypal: [email protected]

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se