Tafsir Al Quran Al Kafirun: Surat Al Kafirun Ayat 1-6: Tafsir Mudah dan Ringkas

Seorang muslim tidaklah sama dengan orang kafir. Kita hanya beribadah hanya kepada Allah subhanahu wata’alaa. Sedangkan orang-orang kafir berada pada kekufuran. Oleh karena itu, kita harus mengetahui bagaimana cara beragama yang benar dan bagaimana menyikapi orang-orang kafir.

Surat Al Kafirun merupakan salah satu surat pendek yang sudah banyak dihafal oleh kaum muslimin serta sering dibaca ketika mengerjakan shalat. Hal ini juga sejalan dengan perintah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk membaca surah Al Kafirun dalam shalat dua rakaat thawaf, dua rakaat sebelum Subuh serta dua rakaat setelah Maghrib.

Surat Al Kafirun diturunkan di kota Mekah sebelum Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berhijrah sehingga surat Al Kafirun termasuk golongan surat Makkiyah. Surat Al Kafirun diturunkan setelah surat Al Maun. Surat Al Kafirun terdiri dari 6 ayat. Al Kafirun artinya orang-orang kafir. Nama Al Kafirun dinukilkan dari ayat pertama yang berbunyi qulya ayyuhal kafirun.

Dalam kandungan surat Al Kafirun secara umum, surat Al Kafirun artinya penegasan bahwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak akan menyembah Tuhan selain dari Allah dan tidak akan mengikuti apa yang diserukan oleh orang-orang kafir. Hal ini menjadi pembeda antara agama Islam dan agama yang dianut oleh orang-orang kafir. Kemudian dikuatkan melalui Al Kafirun ayat 6 yaitu bagi kalian agama kalian bagiku agamaku. Itulah mengapa surat ini akhirnya turun, dan menjadi salah satu surat yang sering dibaca hingga saat ini.

Di video Yufid.TV kali ini akan menampilkan tafsir surat Al Kafirun ayat 1-6. Didalamnya berisi tentang surat Al Kafirun beserta artinya, kemudian bacaan surat Al Kafirun yang dilantunkan oleh seorang qori’ serta penjelasan tafsir per ayat. Penjelasan tafsir QS Al Kafirun menggunakan kitab Al Mukhtashar fii tafsir yang bertujuan agar kaum muslimin mau menyimak, mempelajari serta mentadaburi tafsir dengan mudah disamping membaca surat Al Kafirun dan artinya.

#TadabburQuran #TadabburDaily #TafsirAlKafirun

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_c…
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv

AUDIO KAJIAN
Website: https://kajian.net
Soundcloud: https://soundcloud.com/kajiannet

*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BANK SYARIAH INDONESIA
7086882242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Kode BSI: 451

Paypal: [email protected]

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se