Tafsir Al Quran Al Lahab: Surat Al Lahab Ayat 1-5: Tafsir Mudah dan Ringkas

Abu Lahab adalah paman dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Akan tetapi, bukannya beriman, Abu Lahab justru menjadi musuh Islam. Begitu pula dengan istri Abu lahab, Ummu Jamil. Kisah Abu Lahab dan Ummu Jamil disebutkan di dalam al-Qur’an surat al-Lahab.

Surat Al Lahab merupakan salah satu surat pendek yang ada di dalam juz amma. Surat Al Lahab diturunkan di kota Mekah sehingga termasuk dalam golongan surat Makkiyah. QS Al Lahab terdiri dari 5 ayat. Nama surah Al Lahab diambil dari kata al lahab yang terdapat pada ayat ketiga surat ini. Al lahab artinya gejolak api. Bacaan surat Al Lahab sendiri diawali dengan ayat tabbat yada abi lahabiw watab.

Dalam kandungan surat Al Lahab secara umum, surat Al Lahab menceritakan tentang berita gaib dari Allah kepada Rasulullah shallallahu álaihi wa sallam tentang kebinasaan yang akan didapat oleh Abu Lahab beserta istrinya. Di ayat pertama surat al lahab artinya “Binasalah kedua tangan Abu Lahab, dan sesungguhnya dia akan binasa.”. Yang dimaksud dengan tabbat yada (binasalah kedua tangan) ialah Abu Lahab itu sendiri.
Video Yufid.TV kali ini akan menayangkan tentang tafsir surat pendek Al Quran surat Al Lahab. Dalam video tersebut berisi tentang bacaan surat Al Lahab beserta artinya dan penjelasan tafsir mudah dan ringkas dari ayat per ayat.

Sudah banyak video-video dan artikel yang menjelaskan tentang surat Al Lahab dan artinya. Ada yang menampilkan surat Al Lahab latin untuk memudahkan kaum muslimin dalam belajar membaca Al-Quran, karena dengan adanya surat Al Lahab latin, orang-orang yang belum bisa membaca huruf arab menjadi sangat terbantu. Ada pula pembelajaran surat Al Lahab anak2 yang menjelaskan tentang cara menghafal dengan metode tertentu, salah satunya menghafal Al Lahab metode ummi.

#TadabburQuran #TadabburDaily #TafsirAlLahab

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_c…
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv

AUDIO KAJIAN
Website: https://kajian.net
Soundcloud: https://soundcloud.com/kajiannet

*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BANK SYARIAH INDONESIA
7086882242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Kode BSI: 451

Paypal: [email protected]

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se