Tafsir Al Quran Al Baqarah Halaman 12: Surat Al Baqarah Ayat 77-83: Tafsir Mudah dan Ringkas

Setiap perbuatan yang kita lakukan memiliki konskuensi dan akan dimintai pertanggungjawabannya. Allah subhanahu wata’alaa menyediakan balasan berat bagi orang-orang yang zalim. Dan Allah subhanahu wata’alaa akan memberikan ganjaran nikmat bagi hamba-hamba-Nya yang beriman dan beramal shaleh. Maka pikirkanlah sebelum berbuat sesuatu, jangan sampai kita menyesal di kemudian hari.

Mempelajari surat Al Baqarah merupakan hal yang sangat penting bagi setiap muslim. Karena surah Al Baqarah memiliki nama lain fustatul Qur’an yang artinya puncaknya Al Quran. Hal ini disebabkan di dalam surah Al Baqarah full terdapat banyak sekali hukum-hukum syariat serta kisah peristiwa untuk meningkatkan keimanan kita. Nama Al Baqarah sendiri diambil dari salah satu kisah yang diabadikan dalam QS Al Baqarah yaitu surat Al Baqarah ayat 67 mengenai sapi betina. Al Baqoroh juga merupakan surat terpanjang dalam Al Quran yaitu 286 ayat.

Pada episode kali ini, kita telah sampai pada Al Baqarah halaman 12. Yufid.TV akan melanjutkan pembahasan tentang tafsir mudah dan ringkas surah Al Baqarah ayat 77-83 yang merupakan bagian dari Al Baqarah juz 1. Di dalam tafsir surat Al Baqarah di atas terdapat banyak pelajaran yang bisa kita petik sebagai seorang muslim. Salah satunya yaitu kandungan dari Al Baqarah ayat 78, di antara mereka ada yang benar-benar awam dan hanya bertaklid kepada pembesar-pembesar mereka yang berpegang teguh dengan pedoman kesesatan. Meskipun di dalam ayat tersebut sedang menceritakan kaum Yahudi, akan tetapi kita sebagai umat islam harus memahami pula bahaya taqlid buta terhadap seorang ustadz atau ulama tanpa didasari dengan ilmu yang sesuai Al Quran dan As Sunnah. Itulah salah satu dasar pentingnya mentadaburi Al Quran, terkhusus Al Baqarah ayat 77-83 ini. Berbahagialah kita sebagai umat islam apabila kita mentauhidkan Allah serta mengamalkan apa yang dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, akan dijanjikan kehidupan kekal di surga seperti yang tertulis dalam Al Baqarah ayat 82. Kembali ke kisah kaum Yahudi, dalam surat Al Baqarah ayat 83 Allah menegaskan sesungguhnya janji dari Allah sudah sampai kepada mereka, namun mereka tidak memenuhinya kecuali sedikit. Semoga kita tidak termasuk golongan yang Allah sebutkan dalam Al Baqarah ayat 83 ini. Aamiin…

Sudah banyak sekali video yang menampilkan tentang murottal surat Al Baqarah, mulai dari Al Baqarah merdu yang dilantunkan oleh para Qori’, hingga hingga hafalan bacaan surat Al Baqarah untuk anak. Dalam rangkaian video tafsir Yufid.TV kali ini, yang saat ini memasuki Al Baqarah 77-83, akan menampilkan tayangan yang berbeda, tafsir akan dijelaskan dari ayat per ayat sehingga memudahkan kaum muslimin untuk menyimaknya. Serta murottal Al Baqarah dibacakan dengan tartil sesuai makhraj yang jelas sehingga bisa membantu dalam menghafalnya. Jangan lewatkan tafsir Al Baqarah full yang akan kami bahas di video-video selanjutnya.

#TadabburQuran #TadabburDaily #TafsirAlBaqarah

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_c…
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv

AUDIO KAJIAN
Website: https://kajian.net
Soundcloud: https://soundcloud.com/kajiannet

*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BANK SYARIAH INDONESIA
7086882242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Kode BSI: 451

Paypal: [email protected]

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se