Tafsir Alquran Juz 2 Halaman 22: Surat Al Baqarah Ayat 142-145: Tafsir Mudah dan Ringkas

Memeluk Islam merupakan karunia yang agung. Sebab Islam adalah satu-satunya agama yang benar, adil, dan diridhai oleh Allah subhanahu wata’alaa. Oleh karena itu, hendaknya kita mengikuti Rasul dan tidak membelot. Sesungguhnya Allah subhanahu wata’alaa mengetahui siapa saja orang yang berbuat zalim.

Surat Al Baqarah mengandung keutamaan yang besar. Orang yang membaca surah Al Baqarah juga akan mendapatkan pahala yang besar. Surah Al Baqarah full juga disebut Fusthathul Quran atau kemah besar Al Quran. Surat ini dinamakan Al Baqarah untuk mengabadikan peristiwa penyembelihan sapi yang diperintahkan Allah kepada Bani Israil di zaman Nabi Musa untuk mengungkap pelaku pembunuhan. Pelaku pembunuhan diketahui setelah jenazah dihidupkan kembali melalui pukulan salah satu organ tubuh sapi tersebut. Kisah ini dapat ditemukan pada QS Al Baqarah ayat 67 dan seterusnya.

Salah satu keistimewaan dari Al Baqarah full terdapat dalam riwayat Imam Ahmad, dari Ma’qal ibnu Yasar, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda, “Surat Al Baqoroh adalah puncak Al Quran, diturunkan bersamaan dengan turunnya delapan puluh malaikat pada tiap-tiap ayatnya.”

Pada episode kali ini, Yufid.TV akan melanjutkan pembahasan tentang tafsir mudah dan ringkas surat Al Baqarah ayat 142-145. Ini merupakan bagian dari awal Al Baqarah juz 2. Tafsir diatas berbicara tentang peristiwa pemindahan arah kiblat. Pada Al Baqarah ayat 142, saat itu orang-orang bodoh akan mempertanyakan peristiwa tersebut. Dilanjutkan pada Al Baqarah ayat 143, Allah menjadikan peristiwa pergeseran arah kiblat sebagai ujian bagi manusia siapa yang beriman dan siapa yang berpaling. Dalam surah Al Baqarah ayat 143, Allah menjelaskan sungguh (pemindahan kiblat) itu terasa amat berat, kecuali bagi orang-orang yang telah diberi petunjuk oleh Allah. Kemudian Allah menjadikan Masjidil Haram sebagai kiblat kaum muslimin, dan sebenarnya Ahli Kitab mengetahui hal itu namun mereka lebih memilih untuk berpaling (Al Baqarah ayat 144). Dan di akhir ayat yaitu Al Baqarah ayat 145 Sesungguhnya orang-orang dari kalangan Ahli Kitab benar-benar tertutup hatinya sekalipun mereka ditunjukkan bukti-bukti yang jelas. Simak pembahasan selengkapnya tentang tafsir Al Baqarah 142-145 dalam video diatas.

Sudah banyak konten yang membahas tentang bacaan surat Al Baqarah, apalagi bermunculan qori’ yang membacakan murottal surat Al Baqarah merdu. Pada konten ini, Yufid.TV tidak hanya menampilkan murottal Al Baqarah saja, namun yang lebih penting dari itu yaitu membahas tentang isi kandungan surat Al Baqarah ayat 142 hingga 145, yang terdapat di Al Baqarah halaman 22. Tafsir surat Al Baqarah dalam video di atas menggunakan kitab al mukhtashar di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid. (Imam Masjidil Haram)

#TadabburQuran #TadabburDaily #TafsirAlBaqarah

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_c…
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv

AUDIO KAJIAN
Website: https://kajian.net
Soundcloud: https://soundcloud.com/kajiannet

*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BANK SYARIAH INDONESIA
7086882242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Kode BSI: 451

Paypal: [email protected]

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se