Tafsir Alquran Juz 2 Halaman 24: Surat Al Baqarah Ayat 154-163: Tafsir Mudah dan Ringkas

Kita diperintahkan untuk senantiasa bersabar dalam menghadapi ujian dan musibah. Maka janganlah bermuram durja ketika sesuatu tidak sejalan dengan keinginan kita. Akan tetapi ucapkanlah kalimat Tarji yaitu “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun”.

Surat Al Baqarah adalah surat yang mempunyai ayat terbanyak dalam mushaf Al Quran. Di dalam surah Al Baqarah full terdapat 286 ayat. Al Baqarah juga melewati 3 juz pertama dalam Al Quran, sehingga Al Baqoroh menjadi surat terpanjang. Surah Al Baqarah tergolong ke dalam surat Madaniyah.

Setelah pembahasan tentang peristiwa perpindahan arah Kiblat pada video tafsir QS Al Baqarah sebelumnya, episode kali ini Yufid.TV akan melanjutkan pembahasan tafsir Quran surat Al Baqarah ayat 154 hingga 163. Dalam Al Baqarah ayat 154, Allah menjelaskan tentang hakikat orang-orang yang mati syahid. Kemudian pada Al Baqarah ayat 155, Allah mengungkap tentang hakikat dunia sebagai tempat ujian, dan bergembiralah bagi orang-orang yang bersabar, dijelaskan dalam tafsir surat Al Baqarah ayat 155, karena mereka akan mendapatkan sesuatu yang menyenangkan hati mereka di dunia dan di akhirat. Kemudian Allah mengajarkan kita doa ketika tertimpa musibah di Al Baqarah ayat 156. Allah juga menjelaskan salah satu bagian manasik Haji dalam Al Baqarah ayat 158. Dan pada bagian akhir pembahasan yaitu Al Baqarah ayat 163, Allah menegaskan tentang keesaan-Nya serta Maha Pengasih lagi Penyayang. Untuk penjelasan lebih lengkapnya tentang tafsir surat Al Baqarah 154-163, mari kita bersama-sama menyimak video tafsir di atas.

Dengan mempelajari tafsir bacaan surat Al Baqarah semacam ini, kita diharapkan bisa lebih memahami isi kandungan yang ada di dalam Al Quran khususnya pada surat Al Baqarah juz 2. Video tafsir surat Al Baqarah diatas juga dilengkapi dengan murottal Al Baqarah serta surat Al Baqarah beserta artinya. Selain lantunan Al Baqarah merdu, video di atas juga merinci Al Baqarah ayat 154-163 dengan penjelasan per ayat. Murottal surat Al Baqarah ini dilantunkan oleh seorang Qori’ dan juga diperdengarkan dengan pelan dengan makhraj yang jelas sehingga bisa membantu kaum muslimin dalam menghafal Al Quran juga. Jangan lewatkan tafsir Al Baqarah full yang akan kami bahas di video-video selanjutnya.

#TadabburQuran #TadabburDaily #TafsirAlBaqarah

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_c…
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv

AUDIO KAJIAN
Website: https://kajian.net
Soundcloud: https://soundcloud.com/kajiannet

*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BANK SYARIAH INDONESIA
7086882242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Kode BSI: 451

Paypal: [email protected]

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se