Utang Bank dengan Niat tidak Dikembalikan – Poster Dakwah

Pada asalnya, hukum utang adalah boleh. Dan tentunya seorang yang berhutang wajib membayar utangnya. Lantas bagaimana hukum orang utang bank namun dengan niat tidak mengembalikan?

Hukum riba dan dalilnya telah jelas berdasarkan dalil dari Alquran, Sunnah, Ijma’ dan Qiyas. Hukum riba dalam al Quran antara ada di dalam surat Al Baqarah ayat 275, hukum riba dalam Alquran juga terdapat dalam selain itu dasar hukum larangan riba dalam hadits diantaranya adalah hadits riwayat Muslim nomor 2995. Dan para ulama dan ahli ilmu telah memperingatkan tentang hukum tentang riba dan hukum riba bank dalam Islam.

Namun sebagian kaum muslimin masih banyak yang melakukan transaksi ribawi, diantaranya pelanggaran hukum riba dalam jual beli, hutang piutang dengan disertai riba didalamnya, misalnya hukum hutang di bank dengan riba merupakan sebuah kebiasaan yang ada di tengah masyarakat padahal telah jelas bahwa hukum hutang riba adalah terlarang sehingga hukum hutang di bank menurut Islam dengan riba di dalamnya adalah terlarang. Oleh karena itu seorang muslim hendaknya berhati-hati tentang hukum hutang bank dalam Islam dan hukum riba pinjaman bank mengingat hukum riba itu haram karena bertentangan dengan ketentuan Allah dan Rasul-Nya, apalagi di zaman sekarang seorang muslim harus berhati-hati terhadap hukum hutang di bank konvensional ataupun hukum hutang di bank syariah yang ada transaksi ribawi di dalamnya.

Hukum hutang bank menurut Islam dengan transaksi ribawi adalah terlarang namun bukan berarti pinjam uang dengan niat tidak mengembalikan diperbolehkan karena orang yang meminjam tapi tidak mengembalikan termasuk pencurian. Hukum utang di bank riba memang terlarang namun pinjam uang tapi tidak dikembalikan juga merupakan larangan dalam Islam. Sehingga yang seharusnya adalah seorang muslim berhati-hati terhadap hukum hutang di bank dalam Islam yang ada transaksi ribawinya serta berhati-hati dalam kedzoliman terhadap orang lain.

#HutangBank #HutangRiba #HukumRiba

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_c…
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv

AUDIO KAJIAN
Website: https://kajian.net
Soundcloud: https://soundcloud.com/kajiannet

*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BANK SYARIAH INDONESIA
7086882242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Kode BSI: 451

Paypal: [email protected]

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se