Tafsir Alquran Juz 2 Halaman 34: Surat Al Baqarah Ayat 216-219: Tafsir Mudah dan Ringkas

Terkadang seseorang membenci sesuatu padahal ternyata hal itu baik untuk dirinya. Dan terkadang seseorang menyukai sesuatu padahal sebenarnya hal tersebut berbahaya baginya. Maka seorang muslim yang beriman dan mengharapkan ridha Allah akan mendahulukan petunjuk Allah dan Rasul-Nya daripada keinginan di dalam hatinya.

Surat Al Baqarah merupakan surat kedua dalam Al Quran. Surah Al Baqarah terdiri dari 286 ayat dan 6221 kata sehingga Al Baqarah full menjadi surat terpanjang dalam Al Quran. Dalam Al Baqarah juz 2 sendiri terdiri dari ayat 142 hingga 252. Mengapa dinamakan Al Baqarah? Sebab di dalam surah ini terdapat kisah penyembelihan sapi betina yang diperintahkan Allah kepada Bani Israil. Surah Al Baqoroh juga dinamai Fustatul Qur’an (Puncak Al-Qur’an) karena memuat beberapa hukum yang tidak disebutkan dalam surah yang lain. Dengan mempelajari tafsir QS Al Baqarah seperti video di atas, kita akan lebih memahami pesan-pesan serta pelajaran yang terkandung dalam bacaan surat Al Baqarah tersebut.

Pada video kali ini, Yufid.TV akan melanjutkan pembahasan tentang tafsir ringkas Al Baqarah halaman 34 yang terdiri dari Al Baqarah ayat 216-219. Dalam pembahasan diatas, mengulas tentang hukum perang dalam islam yang dimulai dari Al Baqarah ayat 216. Dalam surah Al Baqarah ayat 216, Allah berbicara tentang wajibnya berjihad di jalan Allah setelah sebelumnya diperintahkan untuk meninggalkannya karena kaum muslimin masih lemah. Kemudian Al Baqarah ayat 217 membahas tentang jawaban atas pertanyaan hukum berperang di bulan-bulan haram. Allah menyebutkan 3 amalan yang mulia sebagai poros utama penghambaan yaitu dalam Al Baqarah ayat 218. Dan di pembahasan terakhir Al Baqarah ayat 219, ayat ini menjelaskan tentang hukum khamr dan qimar, dan merupakan tahapan dari pengharaman keduanya.

Video tafsir Al Baqarah 216-219 di atas juga dilengkapi dengan murottal surat Al Baqarah serta surat Al Baqarah beserta artinya. Selain lantunan Al Baqarah merdu, video di atas juga merinci tafsir surat Al Baqarah dengan penjelasan per ayat. Murottal Al Baqarah ini dilantunkan oleh seorang Qori’ dan juga diperdengarkan dengan pelan dengan makhraj yang jelas sehingga bisa membantu kaum muslimin dalam menghafal Al Quran juga. Jangan lewatkan tafsir surah Al Baqarah full yang akan kami bahas di video-video surat Al Baqarah ayat selanjutnya.

#TadabburQuran #TadabburDaily #TafsirAlBaqarah

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_c…
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv

AUDIO KAJIAN
Website: https://kajian.net
Soundcloud: https://soundcloud.com/kajiannet

*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BANK SYARIAH INDONESIA
7086882242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Kode BSI: 451

Paypal: [email protected]

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se