Beda Syirik Dahulu dan Sekarang – Ustadz Mizan Qudsiah, Lc., M.A. – Al Qawaidul Arba’ 17

Syirik atau perbuatan menyekutukan Allah adalah dosa besar yang paling besar. Kesyirikan memiliki sejarah yang panjang. Dari zaman dahulu hinggi kini masih banyak orang yang melakukan praktek-praktek kesyirikan. Namun kesyirikan di zaman ini lebih parah daripada kesyirikan yang dilakukan di zaman dahulu.

Al-Qowa’id adalah bentuk jamak dari kata Al-Qo’idah. Sedangkan makna Al-Qo’idah, sebagaimana dijelaskan oleh Syaikh Shaleh Al-Fauzan hafizhahullah, “Al-Qo’idah yaitu sebuah dasar yang bercabang darinya permasalahan atau cabang yang banyak“. Beliau juga menjelaskan bahwa tema kitab ini dengan pernyataannya, “Kandungan (kitab) Al-Qawa’id Al-Arba’ah yang disebutkan oleh Sang Syaikh (penulis) ini adalah mempelajari tentang tauhid dan syirik” [1. Syarhul Qawa’id Al-Arba‘, Syaikh Shaleh Al-Fauzan, hal. 5].

Dengan demikian, sesungguhnya kitab Al-Qawa’id Al-Arba’ah ini berisikan dasar-dasar agama Islam, berupa aqidah yang benar, yaitu: bagaimana mengeesakan Allah Ta’la (tauhid) yang bersih dari kesyirikan. Dan, perlu diketahui bahwa penyebutan angka pada judul disini, bukanlah dimaksudkan untuk membatasi,namun agar lebih mudah diingat dan diperhatikan.

Penulis kitab ini adalah Imam dakwah Tauhid, Syaikhul Islam Muhammad At-Tamimi rahimahullah (wafat th.1206 H).

Berkenaan dengan diri penulis kitab ini, Syaikh Abdur Razzaq hafizhahullah menyatakan,

“Beliau adalah sosok penasehat yang telah menasehati manusia dengan sebesar-besar nasehat, dengan menjelaskan tauhid -yang untuk tujuan bertauhidlah manusia diciptakan dan untuk merealisasikan tauhidlah mereka diadakan- dan memperingatkan (manusia) dari menyekutukan Allah ‘Azza wa Jalla (syirik) yang merupakan dosa dan keharaman terbesar.

Beraneka ragam tulisan beliau -rahimahullah- tentang penjelasan tauhid dan penetapannya serta memperingatkan (manusia) dari kesyirikan, menyatakan batilnya, menjelaskan bahyanya dan kebatilan syubhat pelakunya.

Beliau menulis dalam masalah itu, berbagai karya tulis yang banyak, dalam rangka menasehati dan menjelaskan kepada manusia, sekaligus sebagai udzur (bahwa telah menunaikan kewajiban menegakkan hujjah di hadapan Allah) dan sebagai peringatan bagi manusia.

Dengan demikian, beliau adalah sosok (ulama) penasehat, pengajar, pendidik, pengarah (kebaikan) sekaligus sosok (ulama) yang berpegang teguh dengan Kitabullah Jalla wa ‘Ala dan Sunnah Rasul-Nya shalawatullah wa salamuhu ‘alaihi. “[2. Syarhur Risalah Al-Qowa’id Al-Arba’, Syaikh Abdur Razzaq Al-Badr, hal.3].

Disiplin Ilmu yang sedang dibahas dalam kitab Al-Qawa’id Al-Arba’a adalah Tauhidul Uluhiyyah, karena dibahas didalamnya pengenalan tentang tauhid dalam peribadatan dan pengetahuan tentang lawannya, yaitu: syirik dalam peribadatan. Pada seri ke 16 kali ini membahas tentang syirik di zaman dahulu. Yuk langsung saja simak penjelsan selengkapnya dalam video berikut.

#alqawaidularba #audiodakwah #yufidtv

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_c…
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv

AUDIO KAJIAN
Website: https://kajian.net
Soundcloud: https://soundcloud.com/kajiannet

*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BANK SYARIAH INDONESIA
7086882242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Kode BSI: 451

Paypal: [email protected]

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se