Manusia itu bermacam-macam jenisnya, ada yang beriman, ada yang fajir, ada yang kafir, dan ada pula yang munafik. Sesungguhnya seorang budak mukmin jauh lebih mulia daripada seorang raja yang kafir. Maka hendaknya seorang muslim lebih mementingkan kebaikan akhirat daripada hawa nafsunya kepada dunia.

Surat Al Baqarah tergolong dalam surat Madaniyyah, karena surah Al Baqarah full turun di saat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sudah berhijrah ke kota Madinah. Di dalam surah Al Baqarah pun terdapat banyak sekali ayat yang merupakan sumber hukum-hukum syariat islam. Maka dari itu QS Al Baqarah termasuk surat yang mulia. Selain terdapat berbagai sumber hukum, bacaan surat Al Baqarah juga memiliki keutamaan karena makna yang terkandung di dalam Al Baqarah sangat luar biasa. Salah satu keutamaan membaca surat Al Baqoroh yaitu dapat menjadi senjata jitu untuk mengusir setan dari rumah kita.

Pada kesempatan kali ini Yufid.TV akan mengulas tentang tafsir Al Baqarah ayat 220-224. Pada awal video yaitu Al Baqarah ayat 220, menjelaskan tentang bagaimana Allah mengajarkan cara memelihara anak yatim. Kemudian di lanjutan ayat berikutnya yaitu Al Baqarah ayat 221, berisi tentang larangan untuk menikah dengan orang-orang musyrikin. Larangan dalam surat Al Baqarah ayat 221 berlaku bagi laki-laki muslim maupun wanita muslimah. Kemudian dalam surah Al Baqarah ayat 222, Allah menjelaskan tentang darah haid. Dalam Al Baqarah ayat 222 Allah juga melarang suami untuk menggauli para istrinya sebelum mereka suci kembali. Di Al Baqarah ayat 223, Allah berbicara tentang hakikat seorang istri bagi suaminya dan pada pembahasan terakhir Al Baqarah ayat 224 Allah melarang bersumpah atas nama-Nya untuk menghalangi dari berbuat baik.

Sudah banyak sekali video tentang murottal surat Al Baqarah maupun bacaan terjemahan surat Al Baqarah. Akan tetapi masih sedikit konten yang mengulas tentang tafsir surat Al Baqarah. Kali ini Yufid.TV akan membantu kaum muslimin untuk mempelajari kandungan surat Al Baqarah ayat 220-224 yang merupakan bagian dari Al Baqarah juz 2. Video ini merupakan rangkaian dari video tafsir Al Quran menggunakan kitab Al Mukhtashar fii tafsir yang disusun oleh Komite Ulama Tafsir (Jamâʻah min ʻUlamâal-Tafsîr) dan diterbitkan oleh Markaz Tafsîr li al-Dirâsât al-Qurâniyyah. Penyajian menarik diiringi dengan murottal Al Baqarah merdu yang dilantunkan secara tartil akan membuat kita lebih khusuk dan mudah dalam memahami pesan yang terkandung dalam surat Al Baqarah full.

#TadabburQuran #TadabburDaily #TafsirAlBaqarah

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_c…
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv

AUDIO KAJIAN
Website: https://kajian.net
Soundcloud: https://soundcloud.com/kajiannet

*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BANK SYARIAH INDONESIA
7086882242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Kode BSI: 451

Paypal: [email protected]

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se