Di antara pembahasan yang sangat penting untuk dipelajari yaitu tentang pembatal-pembatal keIslaman. Pembatal-pembatal keIslaman disebut dengan istilah nawaqidul islam. Seorang muslim harus waspada agar tidak terjerumus ke dalam perkara-perkara yang dapat membatalkan keIslamannya.

Buku Pembatal-Pembatal Keislaman ini hadir bukan untuk “mengkafir-kafirkan” orang, sebab di sana ada kaidah-kaidah seputar penghalang yang menghalangi vonis kafir secara spesifik, sebagaimana dijelaskan pada halaman 341-397. Dan buku ini disusun bukan tanpa maksud, melainkan sebagai pengingat bagi kaum muslimin yang sering lalai dengan kondisinya. Dan tetaplah memberi peringatan, karena ia bermanfaat bagi orang beriman,

وَذَكِّرْ فَإِنَّ الذِّكْرَى تَنْفَعُ الْمُؤْمِنِينَ

“Dan tetaplah memberi peringatan, karena sesungguhnya peringatan itu bermanfaat bagi orang-orang yang beriman.” (Surat Adz Dzariyaat: 55).

Terselip pertanyaan: Apakah pembatal-pembatal keislaman cuma 10 ini saja? Dan Alhamdulillah pertanyaan ini telah dijawab oleh penulis, beliau mengatakan, “Pembatal-pembatal Islam itu banyak. Kita harus merujuk bab hukum murtad terkait persoalan ini, yang jumlahnya mencapai ratusan perkara. Al-Haitsami bahkan menyebutnya hingga 400 perkara.”
Beliau menambahkan, “Perkara-perkara yang dapat membatalkan Islam itu banyak jumlahnya. Dan 10 perkara yang disebutkan Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah itu merupakan yang paling penting di antaranya dan yang paling sering terjadi.”

Nah, mari kita kulik sepuluh pembatal yang sering terjadi di dunia Islam, pertama: Syirik dalam beribadah kepada Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya. Allah Ta’ala berfirman,

إِنَّ اللَّهَ لَا يَغْفِرُ أَنْ يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَٰلِكَ لِمَنْ يَشَاءُ ۚ وَمَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدِ افْتَرَىٰ إِثْمًا عَظِيمًا

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar.” (Surat An Nisa: 48)

Kedua: Orang yang menjadikan antara dirinya dan Allah perantara-perantara, Allah Ta’ala berfirman

وَيَعْبُدُونَ مِنْ دُونِ اللَّهِ مَا لَا يَضُرُّهُمْ وَلَا يَنْفَعُهُمْ وَيَقُولُونَ هَٰؤُلَاءِ شُفَعَاؤُنَا عِنْدَ اللَّهِ ۚ قُلْ أَتُنَبِّئُونَ اللَّهَ بِمَا لَا يَعْلَمُ فِي السَّمَاوَاتِ وَلَا فِي الْأَرْضِ ۚ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَىٰ عَمَّا يُشْرِكُونَ

“Dan mereka menyembah selain daripada Allah apa yang tidak dapat mendatangkan kemudharatan kepada mereka dan tidak (pula) kemanfaatan, dan mereka berkata: “Mereka itu adalah pemberi syafa’at kepada kami di sisi Allah”. Katakanlah: “Apakah kamu mengabarkan kepada Allah apa yang tidak diketahui-Nya baik di langit dan tidak (pula) dibumi?” Maha Suci Allah dan Maha Tinggi dan apa yang mereka mempersekutukan (itu).” (Surat Yunus: 18)

Ketiga: Orang yang tidak mengkafirkan orang-orang musyrik, atau meragukan kekafiran mereka atau membenarkan paham mereka, ia kafir berdasarkan ijma’.

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_c…
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv

AUDIO KAJIAN
Website: https://kajian.net
Soundcloud: https://soundcloud.com/kajiannet

*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BANK SYARIAH INDONESIA
7086882242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Kode BSI: 451

Paypal: [email protected]

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se