Rumah tangga tanpa masalah menjadi impian setiap pasangan suami istri. Namun terkadang kenyataan tidak selalu bersesuaian dengan impian. Konflik rumah tangga adalah hal yang tentu pernah dirasakan oleh orang yang telah menikah. Berbagai alasan pun melatarbelakangi retaknya hubungan antara suami dan istri itu. Kajian berikut ini insyaAllah akan membahas seputar ila’. Apa itu ila’? Ila’ adalah suami bersumpah tidak akan menggauli istrnya.

Memahami tafsir Al Quran menjadi kewajiban setiap muslim, salah satu bentuknya yaitu dengan meresapi makna dalam surat Al Baqarah. Hal ini dikarenakan dalam surah Al Baqarah terdapat banyak sekali hikmah dan pelajaran yang bisa kita petik. Di awal surat Al Baqarah langsung menjelaskan tentang tiga golongan manusia dalam menghadapi Al Quran. Kemudian pada lanjutan Al Baqoroh terdapat kisah tentang Bani Israil. Dan masih banyak lagi pembahasan tentang hukum-hukum syariat dalam surah Al Baqarah full ini. Maka disamping mempelajari terjemahan QS Al Baqarah, kita pun wajib menghayati makna yang terkandung dalam bacaan surat Al Baqarah melalui pembahasan tafsir surat Al Baqarah.

Yufid.TV akan mencoba membantu kaum muslimin agar lebih mudah dalam mempelajari tafsir al quran halaman 36 yang merupakan bagian dari surat Al Baqarah ayat 225 hingga 230. Video ini dikemas dengan menarik dengan dilengkapi murottal Al Baqarah serta penjelasan tafsir dengan metode ayat per ayat. Al Baqarah merdu akan dilantunkan oleh seorang qori’. Murottal surat Al Baqarah tersebut juga akan dibacakan secara tartil dengan makhraj yang jelas sehingga membuat kita lebih khusuk dan mudah dalam mempelajari dan memahaminya.

Sedikit ulasan video di atas, pada Al Baqarah ayat 225 menjelaskan bahwa Allah hanya menghukum sumpah yang disengaja (dikukuhkan) oleh hati. Sehingga berdasarkan tafsir surat Al Baqarah ayat 225, Allah mengabarkan bahwasannya Allah tidak mengazab hamba-Nya yang berbicara tanpa sengaja atau tanpa tujuan tertentu. Kemudian di Al Baqarah ayat 226, Allah menjelaskan tentang hukum Al-‘Ila yaitu bersumpah untuk tidak menggauli istrinya. Dilanjutkan pada Al Baqarah ayat 227, Allah berbicara tentang menjatuhkan talak kepada istri. Ada pula perintah bagi wanita yang ditalak hendaklah mereka menunggu dan menjalani iddah selama “tiga kali quru’,” yaitu haid (Al Baqarah ayat 228). Dan pada 2 ayat terakhir yaitu Al Baqarah ayat 229 dan Al Baqarah ayat 230 Allah masih melanjutkan tentang pembahasan tentang hukum talak. Jangan lewatkan tafsir surat Al Baqarah ayat selanjutnya dari Al Baqarah juz 2, hingga Al Baqarah full yang akan kami bahas di video-video selanjutnya.

#TadabburQuran #TadabburDaily #TafsirAlBaqarah

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_c…
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv

AUDIO KAJIAN
Website: https://kajian.net
Soundcloud: https://soundcloud.com/kajiannet

*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BANK SYARIAH INDONESIA
7086882242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Kode BSI: 451

Paypal: [email protected]

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se