Sebelum mengerjakan shalat, kesucian pakaian harus benar-benar diperhatikan. Hal ini agar tidak terdapat najis yang menempel di pakaian. Karena pakaian yang terkena najis bisa menyebabkan shalat tidak sah. Umumnya di masyarakat tanah air, seseorang shalat tanpa mengenakan alas kaki. Apa hukumnya shalat memakai sepatu?

Sholat merupakan rukun dalam Islam yang sangat ditekankan setelah syahadat dan shalat merupakan wasilah antara seorang hamba dengan Allah Ta’ala. Oleh karena itu seorang muslim hendaknya memahami dengan baik terkait ibadah shalat dan senantiasa memperbaiki ibadah shalatnya termasuk diantaranya terkait tata cara sholat misalnya tentang rukun shalat, wajib shalat, sunnah dalam shalat dan pembatal-pembatal shalat demi kesempurnaan shalat. Para ulama telah menjelaskan tentang ibadah shalat dalam kitab fikih mereka termasuk diantaranya tata cara sholat wajib dan bacaannya, tata cara sholat berjamaah sebagai makmum maupun sebagai imam. Selain itu para ulama juga menjelaskan tentang tata cara sholat yang benar dari sholat sunnah misalnya tata cara sholat tahajud, tata cara sholat dhuha, tata cara shalat rawatib dan lain sebagainya.

Salah satu perkara yang menjadi pembahasan ahli fiqih dan juga menjadi pertanyaan banyak orang adalah adanya orang yang shalat pakai sepatu. Lalu bagaimana hukum memakai sepatu dalam sholat dan bolehkah shalat pakai sepatu? Hukum shalat memakai sandal atau sepatu adalah diperbolehkan berdasarkan dalil-dalil yang ada. Dasar hukum shalat pakai sepatu diantaranya adalah hadits riwayat Abu Daud no 653, selain itu dasar hukum memakai sepatu dalam sholat adalah hadits riwayat Bukhari nomer 206. Sehingga kalau ada pertanyaan hukum shalat memakai sepatu dan bolehkah shalat memakai sepatu jawabannya adalah diperbolehkan. Namun walaupun hukum shalat memakai sepatu hendaknya diperhatikan syarat-syaratnya diantaranya adalah sepatu yang dipakai adalah yang bersih.

#SholatPakaiSepatu #SholatPakaiSandal

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_c…
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv

AUDIO KAJIAN
Website: https://kajian.net
Soundcloud: https://soundcloud.com/kajiannet

*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BANK SYARIAH INDONESIA
7086882242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Kode BSI: 451

Paypal: [email protected]

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se